Sukses

Gempa Cianjur Mengguncang Jakarta, Pegawai BI dan OJK Berhamburan Keluar Gedung

Liputan6.com, Jakarta Pegawai Bank Indonesia (BI) hingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berkantor di bilangan Kebon Sirih, Jakarta Pusat berhamburan ke titik lokasi evakuasi sesaat setelah gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang DKI Jakarta. Gempa ini berpusat di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Salah seorang narasumber yang enggan disebutkan namanya, mengaku segera bergegas ke titik lokasi evakuasi usai merasakan guncangan gempa Cianjur. Dia mengaku getaran gempa terasa cukup kuat.

"Tadi gempa lumayan besar, langsung ke sini (titik lokasi evakuasi)," ujarnya kepada Merdeka.com, Senin (21/11/2022).

Petugas keamanan di lokasi pun melarang seluruh pegawai BI, OJK, hingga pengunjung untuk meninggalkan area titik lokasi. Petugas beralasan hingga saat ini masoh dilakukan pengecekan kondisi gedung pasaca gempa bumi.

"Perhatian-perhatian, sat ini petugas sedang melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gedung pasca gempa bumi.. Diharapkan agar pegawai-pengunjung tetap di lokasi titik kumpul evakuasi," kata petugas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Gempa Magnitudo 5,6 Kabupaten Cianjur Terasa Sampai Jakarta, Karyawan Kantor Berhamburan

Gempa Magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jabar, Senin (21/11/2022), pukul 13.21 WIB. Badan Meteoroogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut lokasi gemba berada di 6.84 LS,107.05 BT (10 km Barat Daya Kabupaten-Cainjur-Jabar), dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan kuat hingga ke Jakarta, Tangerang, Bekasi, bahkan Banten dan Bogor.

BMKG menyebut gempa tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, BMKG mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. 

Pantauan di beberapa tempat, orang-orang di pekantoran berhamburan ke luar gedung saat gempa terjadi. 

"Berasa banget, langsung aja kabur" ujar Mulayati, seorang pekerja kantor di daerah Banten

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa Hari Ini
  • BI atau Bank Indonesia merupakan bank sentral milik Negara Republik Indonesia.
    Bank Indonesia
  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.
    OJK
  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • Gempa Bumi