Sukses

PNRE Jadi Jagoan Pertamina Distribusikan Energi di Masa Depan

Kondisi krisis energi banyak orang melihat ini sebagai ancaman, tapi Pertamina NRE harus melihat ini sebagai peluang.

Liputan6.com, Jakarta Pertamina Group mempercayakan masa depan Pertamina kepada PT Pertamina Power Indonesia, yang sekarang melakukan brand transformation menjadi Pertamina New & Renewable Energy, atau disingkat Pertamina NRE.

“Jadi tantangan kita berikan dan harapan juga kita serahkan untuk masa depan Pertamina ada di pundak anak-anakku semuanya (Pertamina NRE),” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dalam Launching Pertamina NRE, Kamis (3/11/2022).

Dia meyakini Pertamina NRE bisa membuktikan diri menjadi andalan Pertamina dalam distribusi energi. Diketahui Pertamina NRE adalah subholding Pertamina yang baru berdiri selama 6 tahun.

Kendati begitu, Pertamina NRE dinilai bisa menjadi ujung tombak untuk membangun bisnis masa depan Pertamina.

“Ulang tahun ke-6 ini usia yang muda dibanding kakak-kakanya, kami sampaikan harapan yang besar ada di pundak PNRE karena kita sama-sama tahu bahwa global energy transition sudah terjadi dan lebih cepat karena ada pandemi dan geopolitik yang memungkinkan semua menjadi visible untuk diakselerasi,” ujarnya.

Kondisi krisis energi inilah banyak orang melihat ini sebagai ancaman, tapi Pertamina NRE harus melihat ini sebagai peluang. Karena yang sebelumnya Renewable energy dianggap kurang kompetitif, namun hari ini menjadi kompetitif.

“Kita sudah menetapkan target sesuai dengan target pemerintah semua tahu Net zero emission, tapi belum tentu semuanya memiliki pemahaman yang sama, akan kemana kita? Apa yang kita lakukan? Untuk bisa mendukung target-target ini,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susun Roadmap

Saat ini Pertamina dalam tahap akhir menyusun Roadmaps Net zero emission. Terdapat 4 pilar dalam pengembangan Net zero emission, dan 3 pilar diantaranya berasal dari Pertamina NRE. Adapun tiga pilar strategisnya, yaitu solusi rendah karbon (low carbon solutions), pengembangan energi baru dan terbarukan, dan pengembangan bisnis energi masa depan.

Lebih lanjut, Nicke mengatakan dalam distribusi energi di Indonesia tidak ada yang lebih kuat daripada Pertamina. Dimana, market ritel hampir 100 persen dan seluruh infrastrukturnya dikuasai Pertamina Group. Menurutnya, hal ini bisa digunakan oleh Pertamina NRE, apapun yang diperlukan Pertamina NRE akan didukung.

“Pertamina NRE ini bisa kita jadikan bargaining power dalam distribusi energi. So, apakah ini keputusan yang tepat memberikan masa depan Pertamina kepada perusahaan yang baru berumur 6 tahun, nobody knows? Buktikan!,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.