Sukses

Kesaksian Menegangkan Penumpang Lion Air JT330 Jakarta Palembang saat Mesin Pesawat Terbakar

Pesawat Lion Air JT-330 mengalami gangguan mesin sehingga melakukan pendaratan darurat di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (26/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-330 mengalami gangguan mesin sehingga harus melakukan pendaratan darurat di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (26/10/2022). 

Penerbangan pesawat Lion Air JT-330 Jakarta -Palembang itu diketahui membawa 6 kru dan 169 penumpang. Dikarenakan mesin pesawat terbakar di sebelah kiri, situasi tersebut mengharuskannya melakukan pendaratan darurat.

Beberapa waktu setelah beredarnya berita terkait kejadian itu, unggahan seorang pengguna Twitter menjadi sorotan. 

Dalam unggahan tersebut, akun yang mengaku sebagai salah satu penumpang pesawat Lion Air JT330 membagikan cuplikan video yang menunjukkan momen pesawat saat mengalami turbulensi.

Unggahan tersebut dibagikan dalam fitur reply atau komentar terhadap unggahan Radio Elshinta yang memberitakan Pesawat Lion Air JT330 rute Tangerang - Palembang mendarat darurat di Soekarno-Hatta.

"Gue salah satu penumpang deg2an gemeter lemes krn keadaan di dalam pesawat udah panas pengap banget. Alhamdulillah bisa selamat dan terimakasih pak Pilot udah sigap menyelamatkan penerbangan ini," tulis akun @Triakurniafutri, dikutip Kamis (27/10/2022). 

Video tersebut pun langsung mendapat berbagai respon dari pengguna Twitter lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sederet Fakta Pesawat Lion Air JT 330 Terbakar Mesin dan Mendarat Darurat di Soekarno Hatta

Penerbangan tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang itu diketahui membawa 6 kru dan 169 penumpang. Dikarenakan mesin pesawat terbakar di sebelah kiri, situasi tersebut mengharuskannya melakukan pendaratan darurat.

Berikut adalah sederet fakta pesawat Lion Air JT 330 yang mendarat darurat di Bandara Soekarno Hatta setelah adanya gangguan pada mesin, dirangkum dari berbagai sumber : 

Pilot Lion Air laporkan gangguan mesin pukul 17.14 WIB

Kejadian bermula sekitar pukul 17.13 Wib, ketika Airnav Indonesia menerima laporan dan menangani langsung insiden pesawat Lion Air JT330 tersebut.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menjelaskan, rute pesawat tersebut adalah dari Bandara Soekarno Hatta, menuju Palembang.

"Kronologisnya, sekitar pukul 17.13 Wib, pesawat take-off dari Bandara Soekarno Hatta. Lalu pada 17.14 WIB, Pilot melaporkan adanya gangguan pada mesin pesawat dan meminta untuk mendarat," tutur Rosedi, dikutip Kamis (27/10/2022).

Lalu, pada pukul 17.46 Wib, pesawat mendarat kembali atau melakukan Return to Back (RTB) di Bandara Soekarno-Hatta.

Rosedi pun memastikan bila pesawat beserta awak dan penumpang di dalamnya mendarat dengan selamat.

"Dan juga sudah mendarat dengan selamat," katanya. 

Lion Air pastikan tak ada korban akibat masalah mesin Pesawat JT-330 Jakarta-Palembang

Setelah merespon insiden kerusakan mesin pesawat JT-330 rute Jakarta-Palembang, pihak maskapai Lion Air memastikan tidak ada korban dalam insiden tersebut.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan pesawat telah lepas landas dan bisa kembali dengan normal, kemudian berhenti di landas parkir (apron) Bandara Soekarno Hatta.

"Seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut," kata Danang dalam keterangannya soal pesawat Lion Air itu, Jakarta, Rabu.

Dia menyampaikan, seluruh penumpang berhasil dikeluarkan dengan selamat untuk kemudian diarahkan melanjutkan penerbangan memakai pesawat yang lain.

"Lion Air telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain," kata Danang.

3 dari 3 halaman

Penumpang Pesawat Lion Air Tangerang-Palembang Sudah Diterbangkan Lagi

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan membenarkan hal tersebut. Pesawat Lion Air mengalami kendala teknis sehingga harus kembali ke mendarat ke bandara.

"Intinya ada pesawat tujuan Palembang take off 17.13 WIB mengalami kendala teknis dan return to base ke Bandara Soetta," kata Zulpan saat dikonfirmasi.

Kemudian, Zulpan mengatakan jika setelah pesawat kembali mendarat ke bandara penumpang pun ditransitkan untuk diterbangkan dengan pesawat lainnya.

"Setelah penumpang di transitkan dan pesawat pengganti siap, tadi sudah take off kembali 19.40 WIB," ujar Zulpan.

Lion Air menyampaikan permintaan maaf

Pihak maskpai penerbangan Lion Air menyampaikan permohonan maaf usai kejadian terbakarnya mesin pesawat rute Jakarta-Palembang. Kejadian terbakarnya mesin sebelah kiri pesawat Lion Air ini terjadi pada Rabu, 26 Oktober 2022 sore.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro membenarkan kejadian tersebut. Lion Air Group memberikan penjelasan operasional penerbangan nomor JT-330 dari Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten (CGK), tujuan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan (PLM) telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP).

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul," kata dia dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.