Sukses

Pesawat Lion Air yang Mesinnya Terbakar Bawa 6 Kru dan 169 Penumpang

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Lion Air mengalami gangguan mesin setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Rabu (26/10/2022) sore. Mesin pesawat sebelah kiri pesawat Lion Air tersebut dikabarkan terbakar dan kemudian melakukan pendaratan secara normal Bandara Soekarno-Hatta.

Pesawat ini seharusnya terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan.  Lion Air penerbangan JT-330 ini lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa 6 kru dan 169 penumpang.

Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal. Fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur.

"Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan." kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Rabu (26/10/2022).

Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Meminta Maaf

Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul.

Teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja (check list) yang membutuhkan waktu. Untuk saat ini, Lion Air tidak dapat berspekulasi.

Lion Air telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain. Lion Air menjalankan pelayanan dan penanganan kepada penumpang sesuai ketentuan yang berlaku.

Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB.

3 dari 4 halaman

Mesin Pesawat Lion Air Jakarta-Palembang Terbakar, Polisi: Penumpang Sudah Diterbangkan Lagi

Sebelumnya, pesawat Lion Air dengan rute Jakarta-Palembang dikabarkan mengalami kendala teknis kebakaran mesin pada sisi kiri sayap pesawat, pada Rabu 26 Oktober 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan membenarkan kabar tersebut. Dia menyebut pesawat Lion Air itu mengalami kendala teknis sehingga harus kembali ke bandara.

"Intinya ada pesawat tujuan Palembang take off 17.13 WIB mengalami kendala teknis dan return to base ke Bandara Soetta," kata Zulpan saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, setelah pesawat kembali mendarat ke bandara, penumpang pun ditransitkan. Mereka lalu diterbangkan dengan pesawat lainnya sebagai pengganti.

"Setelah penumpang di transitkan dan pesawat pengganti siap, tadi sudah take off kembali 19.40 WIB," ujar Zulpan.

 

4 dari 4 halaman

Ramai di Twitter

Sebelumnya, Radio Elshinta melalui akun Twitter @radioelshinta mencuit, pesawat Lion Air dengan kode JT330 dikabarkan kembali ke Bandara Soekarno-Hatta, setelah baru take off atau lepas landas.

"Dari kesaksian Lukas Jonathan, salah satu penumpang JT330, sesaat setelah lepas landas mesin kiri "meledak & mengeluarkan api panjang" Dgn sigap pihak crew melakukan pendaratan darurat hanya menggunakan satu mesin," dikutip lewat akun Twitter, Rabu (26/10/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS