Sukses

Kejuaraan Balap Perahu Motor Dunia Bakal Digelar di Danau Toba Februari 2023

Ajang ini sebelumnya digelar di Uni Emirat Arab dan memberi dampak peningkatan tingkat pengunjung hotel sekitar 25 persen diatas rata-rata di 2019.

Liputan6.com, Jakarta Ajang balap perahu motor kelas dunia akan digelar di Danau Toba, 24-26 Februari 2023 mendatang. Acara ini bertajuk F1 PowerBoat Lake Toba.
 
Direktur Utama InJourney Donny Oskaria mengatakan helatan F1H2O ini merupakan kejuaraan tingkat tertinggi untuk powerboat. Dan ini telah dilaksanakan di 39 negara di dunia.
 
"Bagi InJourney ini kesempatan baik untuk menggelar event internasional, harapannya mampu mengenalkan danau toba ke luar negeri, dimana event ini akan ditonton sekitar 180 ribu orang, dan akan mempromosikan Danau Toba kedepannya," paparnya dalam konferensi pers, di Gedung Sarinah, Selasa (27/9/2022).
 
Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kalau kontrak gelaran ini akan dibuat selama 5 tahun. Tujuannya untuk membawa dampak jangka panjang ke daerah sekitar Danau Toba.
 
"Event ini kita akan coba buat 5 tahun kontraknya sehingga akan membuat kehidupan di Danau Toba seperti di Mandalika jadi makin menarik," kata dia.
 
"Kegiatan ini tentu diharapkan mampu menjadi katalisator untuk banyak penerimaan dan kehidupan ekonomi terutama di UMKM di daerah toba, Mandalika dan tempat lainnya," tambah Luhut.
 
Dia mengaca pada pengalaman gelaran MotoGP Mandalika yang memberikan dampak ganda kepada perekonomian lokal.
 
Bahkan angkanya mencapai Rp 600 miliar, maka potensi ini juga dinilai perlu diperhatikan untuk event di Danau Toba.
 
 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Keterisian Hotel

 Ia menerangkan kalau ajang ini sebelumnya digelar di Uni Emirat Arab dan memberi dampak peningkatan tingkat pengunjung hotel sekitar 25 persen diatas rata-rata di 2019.
 
Selama periode balap tingkat keterisian hotel meningkat signifikan, performa terbaik ada dari hotel tingkat 3. 
 
"Jadi Kita berharap di Toba itu banyak hotel-hotel yang bintang 2, 3 dan juga melati. Saya kira akan sangat banyak itu pengunjung kesana dsteng. Kemarin Saya rinjau kesana, melihat memang banyak, saya kira homestay akan bisa terisi dengan adanya kegaiatan ini," tuturnya.
 
Senada, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkap potensi ini perlu digalakkan kedepannya. Utamanya bisa mendorong citra baik soal pariwisara Danau Toba.
 
"Ini saya rasa merupakan peluang yanh baik, dimana aspek sport tourism di Danau Toba bisa mendorong saru konsep penyelenggaraan F1H2O, ini bisa meningkatkan branding Danau Toba di mata dunia," ujarnya.
 
 
3 dari 3 halaman

Potensi Ekonomi Danau Toba

 
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, pada ajang balapan reli yang digelar seminggu di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), perputaran jumlah uang dari hotel di sekitaran destinasi wisata super prioritas mencapai Rp 1 miliar lebih.
 
Hal itu dikatakan Radiapoh saat diwawancarai wartawan di sela-sela acara Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022, Minggu (25/9/2022).
 
"Kita senang dengan event seperti ini. Ajang ini sangat menguntungkan Kabupaten Simalungun. Berdasarkan data sektor penginapan, untuk perputaran uang di hotel mencapai Rp 1 miliar lebih," katanya.
 
Radiapoh mengungkapkan, saat APRC 2022 yang digelar mulai 23 hingga 25 September 2022, dirinya mendapatkan laporan jumlah hotel di kawasan wisata Danau Toba juga penuh.
 
"Yang datang bukan hanya wisatawan dari lokal, melainkan juga wisatawan dari mancanegara. UMKM-UMKM juga terbantu. Kuliner kita juga dikenal mereka," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.