Sukses

Tips Kelola Keuangan yang Tepat Buat Para Sandwich Generation

Liputan6.com, Jakarta Di negara berkembang seperti Indonesia yang kental dengan nilai kekerabatannya, menghidupi keluarga inti sekaligus orang tua bukanlah hal yang asing dijumpai. Nah, orang-orang yang menjadi tulang punggung utama inilah yang kemudian disebut sebagai sandwich generation.

Mereka harus mencukupi kebutuhan ekonomi banyak pihak dalam waktu bersamaan. Bukanlah hal yang mudah memutus pola sandwich generation ini. Akan tetapi, jika sudah terlanjur terjadi, kunci mengatasinya adalah pada pengelolaan keuangan yang harus sebaik mungkin. Supaya tak kesulitan mengelola keuangan, ketahui triknya di bawah ini yuk!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tentukan Batasan Finansial yang Menjadi Tanggungan

Menanggung sendiri perekonomian banyak pihak amatlah berat. Supaya tidak terbebani secara sepihak, komunikasikan dengan baik batasan finansial yang menjadi tanggungan bersama pihak-pihak yang harus ditanggung hidupnya.

Sampaikan pos pengeluaran apa saja dan jumlah yang sanggup dipenuhi oleh Anda, baru sisanya dapat dibantu oleh pihak tertanggung lainnya. Ajak semua pihak, baik itu keluarga, orang tua, maupun pihak lainnya yang ikut ditanggung, untuk berembuk secara sehat guna menemukan solusi dalam menyiasatinya.

Entah itu dengan mulai membuka usaha keluarga kecil-kecilan, jualan makanan, dan semacamnya, yang dapat membuka pos pendapatan baru. Dengan begitu, semua kebutuhan dapat tetap dipenuhi secara bersama-sama, tanpa membebani satu pihak saja.

3 dari 4 halaman

Ajak Keluarga Berkomitmen Hidup Hemat

Jika sudah menentukan batasan pertanggungan yang sanggup dipenuhi, serta solusi dalam mengatasi sisa pertanggungannya, kemudian ajaklah keluarga berkomitmen hidup hemat. Gunakan pendapatan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan prioritas.

Biar tidak terlalu konsumtif, ajak keluarga untuk menekan gaya hidup dan bersama-sama untuk menjalaninya secara sederhana. Kurang-kurangi utang yang tidak perlu juga. Dengan begitu, dana yang tidak terpakai dapat mulai dialokasikan untuk menabung, menyiapkan dana darurat, hingga berinvestasi untuk masa depan.

4 dari 4 halaman

Pakai Dompet Digital Agar Lebih Mudah Mencatat Pengeluaran

Supaya setiap transaksi keuangan yang keluar bisa tercatat lebih rapih dan gampang menelusurinya, maka gunakanlah aplikasi e-wallet atau dompet digital, seperti DANA. Selain mudah digunakan untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja, aplikasi DANA juga memberikan jaminan keamanan bagi penggunanya agar Bebas Cemas & #BebasDrama saat bertransaksi.

Hal ini karena setiap transaksi di DANA, akan selalu terlindungi oleh sistem keamanan DANA Protection. Selain itu jika terjadi kendala pun, DANA juga bisa memberikan ketenangan melalui fitur Pusat Resolusi yang ada di aplikasi DANA. Pasalnya melalui fitur ini, Anda bisa langsung melaporkan kendala yang dialami sekaligus mengecek progres dari penyelesaian masalah tersebut.

Gak cuma itu aja, di fitur Pusat Resolusi ini pun, Anda juga bisa menghubungi DANA Customer Care 24 Jam yang sigap membantu kapanpun dibutuhkan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi DANA dari sekarang.

Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga!

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

BERANI BERUBAH: Gurihnya Rezeki Ketam isi