Sukses

Kunjungi Grasberg, Jokowi Tengok 2 Bekas Tambang Freeport Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo bersama rombongan tiba di Grasberg, Papua pada Kamis, 1 September 2022, pukul 08.15 WIT.

Di Grasberg, Jokowi didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

Tony menjelaskan, bahwa Grasberg adalah tambang kedua setelah yang pertama di Ertsberg. RI 1 lantas menanyakan, apakah di kedua tempat tersebut masih ada kegiatan penambangan atau tidak.

"Sekarang di kedua tambang itu sudah tidak ada lagi penambangan?" tanya Jokowi, Kamis (1/9/2022).

Dipastikan Tony, aktivitas pengerukan sudah dihentikan di kedua tambang tersebut.

"Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Etsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kita me-maintain kestabilan lerengnya," ungkap Tony.

Setelah berada di Grasberg selama 2 jam, Jokowi dan Iriana Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju pertambangan bawah tanah. Turut hadir mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Setelah Soeharto, Jokowi Jadi Presiden Indonesia Kedua yang Sambangi PT Freeport

Ada cerita dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua, Rabu (31/8/2022). Menurut catatan, Jokowi adalah presiden Indonesia kedua yang tiba secara langsung di sana, setelah Presiden Soeharto pada tahun 1973.

Kedatangan Jokowi hari ini dalam rangka silaturahmi dengan para karyawan yang bekerja di sana. Kedatangan Jokowi disambut baik oleh Chairman Freeport McMoRan, Richard Adkerson. Dia mengaku senang karena Jokowi akhirnya bisa hadir langsung di Papua.

"Kami sangat senang dengan kunjungan (Presiden), terima kasih sudah mau datang ke sini," kata Richard di seperti dikutip dari siaran daring Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (31/8/2022).

Jokowi menjawab sambutan itu dengan memuji balik kinerja PT Freeport Indonesia. Menurut Jokowi, perusahaan yang sahamnya sudah didivestasikan melalui BUMN dengan porsi 51 persen itu sudah memberikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Mimika sebesar 68 persen.

"Jadi Bapak-Ibu sekalian memiliki kontribusi yang besar kepada Kabupaten Mimika 68 persen dan kontribusi terhadap PDRB di Papua itu sebesar 34 persen, juga gede sekali," bangga Jokowi.

Jokowi meminta kinerja itu terus dipertahankan. Sebab, bila hal itu menurun maka akan berdampak terhadap PDRB di Mimika.

"Begitu di sini turun, Mimika turun, Papua jugga turun, hati-hati," wanti Jokowi menutup.

 

3 dari 3 halaman

Luncurkan PFA untuk Lahirkan Talenta Pesepak Bola Indonesia

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Rabu, (31/8/2022). Jokowi menyebut, dibentuknya akademi tersebut untuk melahirkan talenta-talenta sepak bola berbakat lainnya dari tanah Papua.

"Tadi Pak Dirut sudah menyampaikan Rully Nere, ada yang kenal? Kita ingat juga Yohanes Auri betul? Ada juga kita ingat Aples Tecuari, ada juga yang saya ingat Alexander Pulalo, ada juga Boaz Salossa, ada juga Elie Aiboy, kalau ke sini lagi ada Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya," kata Jokowi di Papua, Rabu (31/8/2022).

PFA merupakan sekolah bagi putra Papua dengan rentang usia 14 - 15 tahun untuk mengasah bakat dalam bidang olahraga khususnya sepak bola. Dalam akademi itu, anak-anak akan dilatih tentang kedisiplinan melalui latihan rutin yang didampingi para pelatih.

“Di sini nanti untuk meraih prestasi anak-anak digembleng kedisiplinan, digembleng latihan-latihan yang rutin, dan terus didampingi oleh coach yang memiliki reputasi yang baik," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.