Sukses

Stasiun BNI City Layani KRL Mulai Hari Ini 30 Juli 2022, Penumpukan di Sudirman Hilang?

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun BNI City mulai Sabtu (30/7/2022) hari ini resmi dibuka untuk melayani penumpang KRL Commuter Line. Meski lokasinya berdampingan dengan Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City sejauh ini kerap terpantau kosong karena dikhususkan untuk Kereta Bandara.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, percaya Stasiun BNI City bakal lebih ramai pasca dioperasikan sebagai tempat naik atau turun para penumpang KRL Commuter Line.

Kehadirannya pun diyakini bakal mengurai kepadatan di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet, dua stasiun dengan jarak berdekatan yang kerap dipadati saat jam kerja.

"Salah satu tujuannya untuk meramaikan Stasiun BNI City. Juga bagi pengguna pesawat udara yang akan menggunakan KA Bandara lebih mudah berganti moda dengan KRL, tidak berjalan jauh lagi harus ke Stasiun Sudirman. Juga mengurangi penumpukan di Stasiun Karet," bebernya kepada Liputan6.com, Sabtu (30/7/2022).

Berlokasi di Kawasan Integrasi Dukuh Atas, Stasiun BNI City pun akan terintegrasi dengan KA Bandara, MRT dan Trans Jakarta. Stasiun ini akan melayani perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun Manggarai.

"Fasilitas Stasiun BNI City untuk pelayanan KRL diantaranya loket, gate in dan out, CVIM, mushola, toilet, parkir dan area komersil serta marka-marka petunjuk untuk pengguna KRL," terang KAI Commuter melalui akun Instagram @commuterline.

Pihak KAI Commuter menilai, dengan lokasi stasiun yang sangat strategis ini, penumpang yang turun di Stasiun BNI City akan terakses langsung dengan Taman Dukuh Atas, Terowongan Kendal, Grand Indonesia, dan Plaza Indonesia.

Selain itu, juga bisa ke beberapa mal perbelanjaan yang dekat dengan Stasiun BNI City, seperti Grand Indonesia dan Plaza Indonesia serta tempat kuliner di seputaran Sudirman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Stasiun BNI City Layani KRL Mulai 30 Juli 2022

KAI Commuter akan menguji coba proses naik-turun penumpang kereta rel listrik (KRL) di stasiun BNI City mulai 30 Julii 2022, besok. Ini disebut untuk memberikan kemudahan pengguna KAI Bandara.

Perlu diketahui, saat ini Stasiun BNI City yang berada sekitar 200 meter dari Stasiun Sudirman hanya melayani KA Bandara. Jadi, hanya untuk melakukan perjalanan KA relasi Manggarai - Soekarno Hatta PP.

Nantinya stasiun ini setiap hari akan melayani perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun via Manggarai. Sebanyak 199 perjalanan KRL dan 40 perjalanan KA Bandara.

Dengan lokasi diantara lintas Manggarai – Tanah Abang tepatnya di KM 2 +5, Stasiun BNI City termasuk Stasiun Besar tipe C dengan memiliki 2 jalur untuk pelayanan perjalanan KA.

Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan dengan uji coba pengoperasian Stasiun BNI City untuk pengguna KRL, diharapkan bisa menjadi pilihan untuk naik dan turun selain di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

“Uji coba pengoperasian stasiun ini juga diharapkan dapat memberikan lagi kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan transportasi KRL," kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (29/7/2022).

Dalam uji coba pengoperasian nanti, KAI Commuter dan KAI Bandara tetap menyiagakan petugas-petugas untuk membantu pengaturan flow dan memberikan informasi kepada penumpang di area stasiun.

“KAI Commuter juga menghimbau demi kenyamanan bersama agar para pengguna untuk selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area stasiun BNI City ini.” ungkap Roppiq.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Fasilitas

Untuk fasilitas pelayanan perjalanan KRL, KAI Commuter telah menyiapkan loket, tujuh gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna. Kemudian tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun.

Sedangkan untuk fasilitas pelayanan penumpang KA Bandara tetap sama. Yakni dapat melakukan pembelian tiket di Vending Machine yang terletak di lantai 1 Stasiun BNI City maupun melalui aplikasi dan website.

Selain itu, untuk memudahkan perpindahan antar moda bagi penumpang Commuterline yang akan menggunakan KA Bandara, terdapat juga program Tap N Go. Penumpang Commuterline cukup tap KMT maupun kartu prepaid Perbankan di Gate KA Bandara dengan memastikan minimal saldo Rp. 70.000 (harga relasi terjauh).

Fasilitas-fasilitas penunjang lainnya juga tersedia di stasiun ini seperti lift dan eskalator untuk pengguna prioritas, musholla, toilet, ruang menyusui, tempat parkir kendaraan bermotor dan area komersil. Stasiun ini terhubung langsung dengan Stasiun Sudirman dan Jalan Protokol Jenderal Sudirman. Stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun MRT dan Halte Trans Jakarta.

4 dari 4 halaman

Stasiun Sudirman dan Karet Beroperasi Normal

Dalam uji coba pengoperasian Stasiun BNI City ini, pelayanan naik turun pengguna KRL di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet tetap beroperasi normal. Stasiun BNI City diprediksi akan melayani rata-rata pengguna KRL pada hari kerja sebanyak 9.320 orang per hari dan 3.803 orang pengguna di akhir pekan.

KAI Commuter juga memprediksi volume pengguna yang akan beralih ke Stasiun BNI City dari Stasiun Sudirman sebanyak 40 persen dan 30 persen pengguna dari Stasiun Karet.

Direktur Utama KAI Bandara Anggoro Triwibowo berharap lanngkah ini menjadi alternatif bagi penumpang KA Bandara yang akan melakukan perpindahan antar moda di Stasiun BNI City. Artinya ada pilihan penumpang KA Bandara untuk transit ke KRL.

“Jika sebelumnya penumpang KA Bandara yang turun di Stasiun BNI City harus berjalan 200-300M untuk melanjutkan menggunakan commuterline di Stasiun Sudirman, maka kini penumpang cukup tap out di Lantai 1 Stasiun BNI City dan melanjutkan menggunakan Commuterline pada peron yang sama," paparnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS