Sukses

Bandara Halim Dibuka, Penggunaannya Masih Sebatas Kepentingan Militer

Menhub bercerita, uji coba runway dengan melakukan take off dan landing bersama menggunakan pesawat capung di Bandara Halim. Hasilnya proses terbang dan mendarat bisa berjalan begitu mulus.

Liputan6.com, Jakarta - Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanalusuma Jakarta mulai dibuka pada Rabu 13 Juli 2022. Namun, besok pengoperasian bandara Halim Perdanakusuma ini masih terbatas untuk kepentingan militer.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, Kementerian Perhubungan sudah melakukan uji coba runway di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Hasil dari uji coba ini maka bandara tersebut sudah bisa digunakan. Namun penggunaannya masih terbatas.  

"Kita putuskan ini sudah bisa digunakan. Mulai besok kita akan gunakan untuk military. TNI AU akan me-manage ini selama masa 2 bulan," ujar Menhub Budi Karya. 

Menhub bercerita, uji coba runway dengan melakukan take off dan landing bersama menggunakan pesawat capung. Hasilnya proses terbang dan mendarat bisa berjalan begitu mulus.

Namun, Budi Karya Sumadi tak mau berpuas diri. Masih ada sejumlah pekerjaan yang perlu dilakukan dalam proses revitalisasi ini. Utamanya dalam proses penataan ulang sistem drainase Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Apa yang kita lakukan selama 4 bulan terakhir memang bukan cuman sekadar membuat runway. Tetapi kami mengevaluasi apa ada hal-hal yang harus di-improve, baik daya dukung tanah, bagaimana drainage dan sebagainya," tuturnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terus Diperbaiki

Sementara Panglima Komando Operasi Udara Nasional Andyawan Martoni Putra yang turut hadir mendampingi Menhub, turut berterimakasih atas proses revitalisasi yang dilakukan untuk Bandara Halim Perdanakusuma.

"Saya mewakili Kepala Staf Angkatan Udara (KASU) mengucapkan terimakasih kepada bapak Presiden, bapak Menteri Perhubungan, bapak Menteri PUPR, dan semua yang terlibat dalam perbaikan, improvisasi lanud Bandara Halim Perdanakusuma," ungkapnya

"Mulai besok (Rabu, 13 Juli) akan bisa digunakan untuk military. Sambil berjalan kita melaksanakan sambil kita berevaluasi kalau ada perbaikan-perbaikan yang harus dilaksanakan," ujar Andyawan.

3 dari 3 halaman

Pengamat: Revitalisasi Bandara Halim Terlalu Ngebut, Kasihan Maskapai

Sebelumnya, Pengamat Penerbangan Gatot Rahardjo menyoroti rencana pemerintah melakukan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Proses tersebut akan dimulai pada Rabu (26/1/2022) dan diperkirakan memakan waktu 3,5 bulan.

Gatot mengatakan, pengerjaan tersebut terkesan terlalu cepat. Sehingga itu jelas akan memberatkan masing-masing maskapai, baik secara proses maupun ongkos perpindahan ke bandara lain.

"Cuman 3,5 bulan? Wuih, ngebut. Kasihan maskapai dan lain-lain yang harus pindahan kalau waktunya sempit gitu, buang energi dan biaya," kata Gatot kepada Liputan6.com, Sabtu (22/1/2022).

"Kecuali, kalau ada subsidi dari pemerintah," ujar dia.

Pengerjaan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan sebagai tindaklanjut dari terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022. Selama proses tersebut, lapangan udara akan ditutup sementara untuk penerbangan komersial.

"Dengan dimulainya revitalisasi, Bandara Halim akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022. Waktu penutupan diperkirakan paling lama 3,5 bulan," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam siaran persnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.