Sukses

Jadi Korban PHK, Mantan Buruh di Karawang Kini Buka Rumah Makan

Liputan6.com, Jakarta Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea bersama Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono meresmikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berupa rumah makan Padang milik buruh anggota KSPSI Suhatril di Karawang, Jawa Barat, Jumat (1/7/2022

Peresmian ditandai dengan gunting pita dilakukan oleh Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea dan Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono.

"Saya merasa bangga dan bahagia karena kemandirian anggota KSPSI dan usaha rumah makan (UMKM) ini akan mempekerjakan beberapa buruh yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)," ujarnya, Jumat (1/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Andi Gani juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas peran besar Kapolres Karawang yang dapat berkomukasi dan membuka ruang dialog terhadap organisasi organisasi buruh di Karawang.

"Usaha rumah makan Padang tersebut diharapkan dapat terus berkembang dan juga membuka lapangan pekerjaan bagi buruh," katanya.

Andi Gani juga mendorong buruh punya krearivitas yang serupa agar dapat terus mengembangkan diri.

2 dari 3 halaman

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Serikat Buruh Berduka

Serikat buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) sangat berduka atas berpulangnya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengungkapkan sosok Tjahjo Kumolo sudah dianggapnya seperti kakak dan senior yang sangat rendah hati.

Andi Gani mengenang Tjahjo seorang tokoh nasional yang sering memotivasi dan peduli dengan kesejahteraan buruh.

"Saya masih ingat saat beliau menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memberikan pengarahan di Kongres KSPSI tahun 2017. Beliau memberikan motivasi agar KSPSI selalu memberikan perlindungan terhadap anggotanya," katanya di Jakarta, Jumat (1/7).

 

3 dari 3 halaman

Kenangan Buruh

Bukan hanya itu, kata Andi Gani, Tjahjo juga sebagai saat menjabat Mendagri juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) Mendagri yang menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah agar membuka ruang dialog bersama serikat buruh di masing-masing wilayah.

Andi Gani mengaku terkejut saat mendengar kabar seniornya itu tutup usia. "Saya menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya Mas Tjahjo Kumolo. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh-Nya dan seluruh dosanya diampuni," ucapnya.