Sukses

Perkuat Ekosistem Digital, ITDR dan BRIN Lakukan Kolaborasi Riset di Mandalika

Liputan6.com, Jakarta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) bersama Pusat Riset Ekonomi Makro dan Keuangan Badan Riset dan Inovasi Nasional melakukan kolaborasi riset secara berkala di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Dengan berkomitmen dalam membangun ekosistem digital, kolaborasi riset keduanya berfokus untuk memberikan solusi yang berdampak signifikan bagi perekonomian Indonesia di era revolusi digital saat ini.

Perkembangan teknologi digital yang tidak terelakkan telah mendorong Pemerintah Indonesia berinisiatif untuk mencetak dan mengembangkan digital talent sebanyak 600.000 orang per tahunnya. Untuk itu, Kementerian BUMN mengarahkan Telkom melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) untuk mewujudkan aspirasi tersebut.  Melalui proses Learning, Research, and Innovation yang terintegrasi serta didukung oleh jaringan  kemitraan Penta-Helix, ITDRI berupaya untuk mencetak digital talent berstandar global yang bisa berinovasi secara mandiri.

Dengan tercetaknya digital talent tersebut, maka diharapkan dapat membantu Indonesia dalam mencapai kemandirian teknologi, meningkatkan nilai inovasi, serta membangun ekosistem digital. Chairman ITDRI Jemy V Confido berharap agar kolaborasi ini dapat memberikan dampak yang  positif bagi perusahaan dan Indonesia.

“Dengan adanya kolaborasi riset antara ITDRI bersama BRIN ini, kami memiliki harapan yang besar untuk menghasilkan rekomendasi baik itu berupa teknologi dan bisnis maupun rekomendasi pada tiga sektor prioritas, yaitu perikanan, agribisnis, dan pariwisata. Hal ini dapat mendorong sinergi dan kolaborasi antar Penta-Helix sehingga diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan di sektor tersebut dan membantu  pemulihan ekonomi nasional,” ujar Jemy. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Hanya Seremonial Belaka

Kepala Pusris EMK BRIN Zamroni juga menyampaikan harapannya agar kolaborasi riset ini tidak berhenti sampai di seremonial penandatanganan, melainkan bisa berkepanjangan dan memberikan kontribusi yang lebih nyata kepada bangsa Indonesia.

“Dengan adanya kerja sama ini, bisa menjalin hubungan yang lebih baik pertama. Yang kedua adalah meningkatkan kolaborasi yang menghasilkan tidak hanya pengetahuan, tapi juga inovasi. Inovasi di sini adalah yang bisa bermanfaat dalam menghasilkan kerja sama antara Telkom dan BRIN yang sifatnya mutualistik, dalam arti bahwa hasil penelitian di BRIN juga bisa dimanfaatkan secara bersama dengan dukungan teknologi dari Telkom, itu bisa bermanfaat bagi Kita (Telkom dan BRIN) juga bermanfaat bagi masyarakat secara umum,” tambah Zamroni. 

Kolaborasi riset ini akan berlangsung selama enam bulan melalui pengembangan sektor perikanan, agribisnis, serta pariwisata berbasis pemanfaatan teknologi digital. Pihak ITDRI dan BRIN mengawali perjalanan di Mandalika dengan melakukan Studi Dasar (Baseline Study) dan  validasi teknologi yang akan menghasilkan rekomendasi untuk memenuhi kebutuhan teknologi serta mendorong pengembangan tiga sektor prioritas di Mandalika tersebut ke depannya. 

Diharapkan dengan adanya kolaborasi riset ini dapat menciptakan ekosistem kolaborasi yang berdampak positif, serta memberikan rekomendasi untuk pengimplementasian teknologi di berbagai sektor di Indonesia. Tak lupa, kemitraan ITDRI dan BRIN juga diharapkan menjadi awal yang baik untuk melanjutkan kolaborasi-kolaborasi selanjutnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini