Sukses

Masih Ada 1.000 Kursi Mudik Motor Gratis Pakai Kapal Laut, Ini Cara Daftarnya

Mudik motor gratis dengan kapal laut ini bertujuan mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan PT Pelni kembali menyelenggarakan mudik gratis sepeda motor naik kapal laut pada Lebaran 2022. Ada dua armada kapal yang digunakan untuk mudik motor gratis ini yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt Mugen S. Sartoto menjelaskan, mudik motor gratis dengan kapal laut ini bertujuan mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua.

Diharapkan dengan adanya program ini dapat meminimalisir angka kecelakaan baik di arus mudik atau balik. "Selain itu kami berharap pemudik yang belum pernah memilih moda transportasi laut dapat tertarik untuk mencoba dan menjadikan transportasi laut alternatif pilihan saat bepergian," ujar Capt Mugen, dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/4/2022).

PT Pelni menyediakan dua kapal untuk program ini yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai. Kapal ini merupakan kapal 3 in 1 yaitu kapal yang dapat mengangkut orang, barang dan kendaraan. Kapasitas Masing-masing Kapal tersebut dapat mengangkut 1.250 Unit Motor dan 2.500 penumpang.

Capt Mugen mengungkapkan antusias masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis ini cukup tinggi. Terbukti dari kuota arus mudik yang saat ini sudah hampir penuh.

"Keberangkatan tanggal 29 April 2022 sudah hampir penuh, tinggal keberangkatan tanggal 26 April 2022 masih sekitar 800 an untuk motor dan 1000 an penumpang," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Mudik Gratis Sepeda Motor Pakai Kapal

Adapun rute yang dilalui untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta – Semarang - Surabaya (Arus Mudik) dan Surabaya - Semarang – Jakarta (Arus Balik).

Jadwal mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya dengan KM Dobonsolo yaitu tanggal 26 April 2022 Jam 13:00 WIB dan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 Jam 22:00 WIB.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 Jam 17:00 WIB dan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 Jam 17:00 WIB

"Untuk info selengkapnya dapat langsung mengakses http://mudikgratis.dephub.go.id/ dan terus memantau akun resmi media sosial @djplkemenhub151 ," kata Capt Mugen.

Ia juga mengingatkan kepada pemudik untuk mengikuti aturan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satunya adalah wajib vaksin booster bagi yang berusia 18 tahun ke atas. 

3 dari 3 halaman

Wapres Minta Pemudik dari Kota Tidak Bawa Virus Covid-19 ke Kampung

Sebelumya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan kepada para pemudik agar tidak menjadi pembawa virus saat balik ke kampung halaman. Dia tidak ingin pemudik menjadi penyebab penularan virus Covid-19 kepada keluarganya.

"Ini harus dijaga. Jangan dari kota membawa virus ke kampung dan dari kampung jangan membawa virus ke kota," ujar Ma'ruf di Yogyakarta, Jumat (22/4/2022).

Maka dari itu, Ma'ruf meminta agar protokol kesehatan dan vaksinasi terus dilakukan baik untuk pemudik maupun keluarganya di kampung halaman. Pemerintah juga telah meminta agar para pemudik sudah memperoleh vaksin booster agar lebih aman.

"Pesan saya supaya pemudik tetap menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan, kemudian (melakukan) vaksinasi Covid-19," tutur Ma'ruf.

"Karena di tempat yang mereka tuju untuk mudik itu ada orang tua, ada orang sakit, ada anak-anak," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.