Sukses

Bangkitkan Ekonomi, Festival Budaya dan UMKM Digelar di Kota Tangerang

Festival budaya dan UMKM digelar sebagai langkah pemulihan secara langsung, pelaku UMKM dan menjadi jembatan dengan lembaga pemodal.

Liputan6.com, Jakarta - Angkat kembali pasar ekonomi rakyat, puluhan penggiat UMKM di wilayah Tangerang, ikuti Festival UMKM dan Kebudayaan Energi Nusantara 2022, di Mall Balekota, Kota Tangerang, 26 hingga 27 Maret 2022.

UMKM dari berbagai kecamatan menjajakan barang dagangan mereka. Mulai dari kuliner khas Kota Tangerang seperti olahan jahe, dodol, keripik pisang, hingga somay dan juga ada kudapan khas Tangerang utara, juga dipamerkan.

Selain itu juga ada kerajinan tangan seperti tas rajut, tas anyaman dari eceng gondok, kebaya, mukena, dan sebagainya, juga terlihat meramaikan festival yang baru digelar pertama kalinya itu semenjak Pandemi Covid-19.

Ada pula stan yang diperuntukan warga yang ingin membeli minyak goreng curah murah seharga HET, yakni Rp 28 ribu per dua liter atau Rp 14 ribu per liter.

"Ini lumayan minyak goreng curahnya bagus banget, perorang dibatasin 2 liter. Untung saya dapat,"tutur Ningsih, salah seorang warga yang membeli.

Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana mengatakan, festival budaya dan UMKM ini digelar sebagai langkah pemulihan secara langsung, pelaku UMKM dan menjadi jembatan dengan lembaga pemodal.

"Ini sebagai bentuk dukungan dari kami pemerintah, untuk membangkitkan kembali, mempertemukan kembali secara langsung antara UMKM dengan pembelinya, juga dengan lembaga pemodal,"tuturnya, Sabtu (26/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Festival Budaya

Menurutnya, selama Pandemi Covid-19 justru pelaku UMKM naik drastis. Ananta memaparkan, untuk di Kabupaten Tangerang pelaku UMKM naik menjadi 65 persen menjadi 123 ribu UMKM. Di Kota Tangerang sekitar 94 ribu UMKM atau naik 300 persen, di Kota Tangerang Selatan naik 250 persen menjadi sekitar 92 persen.

"Kota Tangerang ini naik paling tinggi pelaku UMKM-nya. Pemdanya juga punya bantuan langsung untuk pelaku UMKM selama pandemi,ini patut dicontoh," katanya.

Di samping itu, gelaran pameran UMKM ini juga dibarengi dengan berbagai festival budaya, terutama kebudayaan yang ada di kawasan Tangerang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.