Sukses

Resmikan KA Cibatu-Garut, Erick Thohir: Hadiah untuk Masyarakat

Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan kereta Api Cibatu-Garut yang hampir 40 tahun tak beroperasi

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan kereta Api Cibatu-Garut yang hampir 40 tahun tak beroperasi. Ia menghadiahkan ini unutk warga Kabupaten Garut.

Bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bupati Garut Rudy, dan Direktur Utama KAI meresmikan kereta lokal tersebut.

“Tentu ini sebuah kado untuk masyarakat Garut dan sekitarnya dalam menyambut bulan Ramadan, Siapa kangen ke Garut?,” kata Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya, Kamis (24/3/2022).

Diresmikan di stasiun Bandung, kereta itu diberangkatkan. Disini pula, kali pertama Erick mengetahui kalau legenda komedian Charlie Chapli pernah dua kali datang ke Garut.

“Kamu baru tau? Saya juga. Cerita ini menambah deretan nostalgia yang ada di Stasiun Garut, yang membuat reaktivasi kembali jalur kereta Cibatu - Garut begitu bermakna,” katanya.

ia menyebut, reaktivasi jalur ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN melalui PT KAI.

Ia berharap, dengan aktifnya jalur Cibatu-Garut ini bisa mendorong mudahnya mobilitas masyarakat. Sehingga kedepannya mampu menumbuhkan perekonomian.

“Saya harap dengan beroperasinya kembali jalur ini, mobilitas masyarakat semakin cepat, menumbuhkan pariwisata lokal, dan mengembangkan UMKM. Sehingga, banyak lapangan kerja baru tercipta dan meningkatkan perekonomian setempat,” paparnya.

Pada kesempatan itu, ia juga turut menyapa sejumlah penumpang yang ikut dalam rangkai kereta. Beberapa  diantaranya melakukan swafoto. Ia juga beberapa kali menyapa penumpang dengan bahasa sunda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Interaksi

Sementara itu, di lingkungan stasiun, sebelum masuk ke kereta, Erick juga menyapa sejumlah warga yang antusias.

“Di stasiun garut bersama pak budi, bersama pak bupati, sudah 40 tahun tidak jalan, untuk membuat rakyat senang,tuh rakyat senang,” katanya dalam secuplik video keramaian Stasiun Garut.

Ia menyebut, ini nantinya bisa mengakselerasi pembukaan lapangan kerja. Sehingga diharapkan mampu jadi motor penggerak bangkitnya ekonomi masyarakat kabupaten Garut.

“Pembukaan lapangan kerja, keberpihakan kepada ekonomi untuk warga juga bisa terjadi akrena logistik perhubungan adalah menjadi kunci sebuah pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Di tempat yang sama, Erick juga menyaksikan sejumlah warga yang melakukan vaksinasi booster di Stasiun Garut. Ia turut menyapa salah satu warga yang baru saja menuntaskan vaksinasi.

“Langsung bisa ketemu cucu kalau tiga (vaksin booster) mah, bisa lebaran,” tukasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.