Sukses

Selalu Gagal Saat Verifikasi Swafoto di Akun Prakerja? Coba Cara Ini

Lantas bagaimana foto selfie yang seharusnya diunggah untuk verifikasi akun Kartu Prakerja?

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja memasuki gelombang 24 di 2022. Peserta yang ingin bergabung atau mendaftarkan diri jangan lupa mengunggah foto selfie untuk proses verifikasi.

Jadi, proses mengunggah foto selfie ini dilakukan setelah verifikasi foto e-KTP. Pada saat melakukannya, peserta Kartu Prakerja perlu memperhatikan ketentuan yang tercantum supaya verifikasi dapat berhasil.

Namun, beberapa peserta mungkin sering mengeluhkan setiap memverifikasi foto selfie selalu gagal. Itu berarti foto yang diunggah belum sesuai dengan ketentuan.

Lantas bagaimana foto selfie yang seharusnya diunggah untuk verifikasi akun Prakerja?

Lebih lanjut, swafoto perlu diambil menggunakan kamera HP dengan posisi yang tegak lurus.

“Perlu diingat bahwa swafoto ini untuk kepentingan verifikasi ya, jadi posisikan dirimu tegak lurus sehingga proses verifikasi dari sistem bisa efektif,” demikian penjelasan seperti mengutip akun Instagram @prakerja.go.id, Kamis (17/03/2022).

Di samping itu, para peserta juga jangan mengunggah foto orang lain yang tidak relevan dengan kebutuhan verifikasi. Sebab, itu hanya akan membuat proses verifikasi berjalan tidak lancar.

Hal terpenting lainnya adalah peserta jangan sampai mengunggah swafoto atau foto apa pun selain di website resmi Prakerja. Bagi yang masih bingung, link resmi Prakerja hanya www.prakerja.go.id.

“Yang tidak kalah penting adalah JANGAN MENGUNGGAH swafoto atau foto apapun selain di website resmi Prakerja. (www.prakerja.go.id),” demikian penjelasan lebih lanjut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Verifikasi Swafoto Biar Berhasil

Berikut ini cara yang benar dalam menggungah foto selfie dalam proses verifikasi akun Prakerja seperti mengutip informasi dari akun Instagram @prakerja.go.id.

1. Ambil swafoto menggunakan kamera HP Anda

2. Pastikan wajah Anda terlihat dengan pencahayaan yang cukup

3. Pastikan wajah memenuhi 80 persen dari frame foto (close-up)

4. Pastikan area wajah terlihat jelas, jangan menggunakan aksesori yang menutupi muka (topi, kacamata hitam, masker, dll.)

5. Tidak perlu menyertakan foto KTP saat selfie

6. Jangan lupa senyum

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.