Sukses

Arifin Panigoro Meninggal, Simak Sejarah Medco yang Didirikannya

Pendiri Medco Arifin Panigoro meninggal dunia di usia 76 tahun di Amerika Serikat (AS) pada Minggu 27 Februari 2022 waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Medco Arifin Panigoro meninggal dunia di usia 76 tahun di Amerika Serikat (AS) pada Minggu 27 Februari 2022 waktu setempat. Arifin Panigoro adalah pendiri perusahaan Meta Epsi Pribumi Drilling Company (Medco).

Dikutip dari laman perusahaan Senin (28/2/2022), Medco berdiri pada 9 Juni 1980. Aktivitas MedcoEnergi di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas dimulai ketika MedcoEnergi mengakuisisi kontrak eksplorasi dan produksi Tesoro di Kalimantan Timur (TAC dan PSC) pada 1992.

Perusahaan kemudian melakukan Penawaran Saham Perdana atau Initial Public Offering (IPO) pada 12 Oktober 1994 di harga Rp 4.350 yang berjumlah 22 miliar lembar saham. Medco lalu mengambil alih 100 persen saham PT Stanvac Indonesia dari Exxon dan Mobil Oil pada tahun 1995.

pada Selasa 31 Desember 1996, perusahaan mengumumkan telah menemukan lapangan minyak terbesar di Kaji dan Semoga, Blok Rimau, Sumatera Selatan.

Perusaaah mulai go international pada 2004. MedcoEnergi memperluas aktivitas hulu di bidang minyak dan gas dengan mengakuisisi 100 persen saham Novus Petroleum Ltd., sebuah perusahaan migas Australia yang tercatat sebagai perusahaan publik dan beroperasi di Australia, Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Pada tahun yang sama, MedcoEnergi mulai mengoperasikan kilang LPG, yang mengolah gas ikutan dari produksi minyak di Lapangan Kaji Semoga menjadi kondensat, lean gas, dan LPG. Secara bersamaan, MedcoEnergi juga mulai memasuki bisnis pembangkit listrik tenaga gas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendiri Medco Energi Arifin Panigoro Wafat di AS

Pendiri Medco Energi Arifin Panigoro meninggal dunia pada usia 76 tahun di Amerika Serikat (AS). Arifin Panigoro meninggal pada pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis AS atau pada Senin 28 Februari 2022 pukul 03.29 WIB.

Direktur dan Chief Administrative Officer MedcoEnergi Amri Siahaan mengatakan, Arifin Panigoro meninggal dunia pada hari Minggu 27 Februari 2022 pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis AS atau Senin, 28 Februari pukul 03.29 WIB.

"INNAA LILLAHI WAINNAA ILAIHI RAAJI’UNTELAH BERPULANG KE RAHMATULLAH. Bapak Dr HC. Ir. H.Arifin Panigoro bin Yusuf Panigoro. Usia: 76 tahun," jelas dia, Senin (28//2/2022).

"Manajemen beserta seluruh Pegawai Medco Group turut belasungkawa dan duka cita sedalam-dalamnya dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan dan ketabahan." tambah Amri.

Arifin Panigoro adalah pengusaha Indonesia yang mendirikan perusahaan energi dengan nama Meta Epsi Pribumi Drilling Company (Medco).

Arifin Panigoro dilantik sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 13 Desember 2019 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun Arifin Panigoro juga sempat terlibat dalam sepak bola nasional. Salah satunya dengan menggelar turnamen sepak bola Piala Medco.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.