Sukses

Fakta Menarik Presiden Ukraina, Eks Komedian yang Tak Gentar Lawan Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, atau ditulis juga sebagai Volodymyr Zelenskyy, saat ini menarik perhatian publik usai serangan Rusia ke Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, atau ditulis juga sebagai Volodymyr Zelenskyy, saat ini menarik perhatian publik. Lantaran, sosok Volodymyr Zelensky memiliki latar belakang unik.

Kurang dari empat tahun yang lalu, Volodymyr Zelensky adalah salah satu komedian TV paling populer di Ukraina, dan membintangi tayangan serial TV populer, Servant of the People, yang tayang pada 2015.

Dilansir dari New York Post, Sabtu (26/2/2022), Presiden Ukraina yang berusia 44 tahun ini memenangkan pemilihan presiden dengan telak pada 2019, setelah sebagian besar kampanyenya diduga dibiayai oleh salah satu oligarki terkaya dan paling korup di Ukraina, Igor Kolomoisky.

Menariknya, dalam Servant of the People ia karakternya sebagai Presiden Ukraina. Namun awalnya, tokoh yang ia mainkan adalah seorang guru pengganti di sekolah.

Tapi, karakternya ini menjadi terkenal, setelah kritiknya soal korupsi viral di media sosial.  Zelensky sekarang menjadi pemimpin Ukraina yang saat ini tengah mengalami gejolak dengan Rusia.

Anehnya, mengingat masa lalunya yang sembrono di dunia hiburan, para ahli mengatakan Zelensky telah meningkat pesat pada kesempatan itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pidato di Televisi

Meskipun pidatonya di televisi yang ditujukan kepada Rusia dan rekan senegaranya sendiri sebelum dan sesudah serangan gencar tidak banyak membantu menghentikan kekuatan militer Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tiga jam sebelum pasukan Rusia menyerang Ukraina, Zelensky menyampaikan pesannya kepada orang-orang Rusia dalam permohonan yang kuat untuk berhenti dan mempertanyakan apa yang dilakukan negara mereka.

Sementara, Presiden Rusia Vladimir Putin disorot mengenai kekayaannya. Menurut beberapa laporan menyebutkan Putin merupakan orang terkaya di dunia dan disebut kekayaannya melebihi miliarder dunia yakni Jeff Bezos dan Elon Musk.

Dikutip dari Daily Star, Sabtu (26/2/2022), Putin telah berkuasa di Rusia selama 17 tahun dan telah mengumpulkan kekayaan pribadi seperti rumah, armada kapal pesiar, mobil, dan bahkan istana presiden rahasia senilai miliaran pound. 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.