Sukses

Jokowi Bocorkan Proyek Pertama di IKN Nusantara, Apa Itu?

Presiden Jokowi menyatakan rencana pembangunan IKN Nusantara akan dimulai dari kawasan inti pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memandang pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara perlu andil dari berbagai pihak. Pasalnya, ke depannya IKN Nusantara akan menjadi kebanggaan bersama seluruh lapisan di Indonesia.

Jokowi menyatakan rencana pembangunan IKN Nusantara akan dimulai dari kawasan inti pemerintahan. Kemudian, diawali dengan revitalisasi dan reboisasi kawasan hutan sekitarnya terlebih dahulu.

“Diikuti dengan pembangunan infrastruktur dasar wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, perkantoran, dan perumahan beserta sarana dan prasarananya,” ungkapnya dalam acara Beranda Nusantara "Menuju Ibu Kota Negara Baru", Rabu (23/2/2022).

Jokowi juga menyadari banyak masukan dan harapan terhadap wujud IKN Nusantara yang kelak akan terwujud. Sehingga perlu adanya kerja tim yang saling bersinergi dalam prosesnya.

“Saya menyadari banyak aspirasi dan tingginya harapan kita semua untuk IKN Nusantara. Hal ini kita jadikan sebagai pekerjaan besar bersama yang membutuhkan kontribusi peranan dan kerja sama kita semuanya,” katanya.

Selain itu, Jokowi memandang dalam pembangunannya dibutuhkan pendekatan not business as usual. Kemudian, adanya kinerja tim terbaik, perencana dan perancang kota, arsitek, insinyur, dan ahli lingkungan.

“Sosial ekonomi budayawan seniman dan pakar lainnya yang bisa kerja secara integrasi multidisipliner dan melibatkan pemikiran dan solusi terbaik. Baik oleh anak bangsa maupun sumbangan masyarakat dunia,” katanya.

IKN Nusantara ini merupakan pekerjaan besar Indonesia yang nantinya akan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia,” kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Sebatasa Pindahkan ASN

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan pemindahan IKN bukan sebatas memindahkan aparatur sipil negara (ASN) ataupun pembangunan gedung pemerintahan. Lebih dari itu, pembangunan IKN adalah lompatan bagi bangsa Indonesia menuju Indonesia maju.

“Kita akan membangun IKN yang benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan ekonomi, sosial dan lingkungan, mewujudkan kota hutan smart city, kota modern dan berkelanjutan dan memiliki standar internasional,” katanya.

“Saya yakin INK Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul, sehingga menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia, dan menunjukkan kepada warga dunia bagaimana Indonesia menjalankan rencana baru dalam membangun cita-cita masa depan,” tambah Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.