Sukses

20 Bandara Angkasa Pura II Pakai PLTS di 2025

PT Angkasa Pura II menargetkan 20 Bandara akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada 2025.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II menargetkan 20 Bandara akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada 2025. Hal itu sebagai bentuk komitmen dalam pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di seluruh bandara yang dikelola perseroan.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat menjadi keynote speaker dalam webinar Peran Renewable Energy Dalam Meningkatkan Competitivenes Pada Era Industri 4.0 yang digelar Universitas Sriwijaya pada Sabtu, 12 Februari 2022, mengatakan penggunaan EBT di bandara sejalan dengan kesepakatan antara Airport Council International (ACI) dan seluruh operator bandara di dunia untuk mendukung program global Net Zero Carbon Emission 2050.

“Bandara menyumbang sekitar 2 persen emisi karbon dari total pangsa global, sehingga untuk mengurangi emisi karbon tersebut, operator bandara harus berkomitmen menggunakan energi baru terbarukan hampir di seluruh aspek operasional dan pelayanan," kata Muhammad Awaluddin, Minggu (12/2/2022).

Sejalan dengan ini, AP II menanamkan semangat kepedulian lingkungan di industri penerbangan nasional melalui pemanfaatan EBT, dan pihaknya ingin terus berkontribusi terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin mengatakan pemanfaatan EBT di lingkungan AP II sangat mendukung implementasi teknologi dalam mewujudkan smart airport sehingga meningkatkan daya saing (competitiveness) bandara-bandara AP II di era Industry 4.0.

“AP II telah memiliki masterplan pengembangan Eco Airport periode 2021 - 2030, di mana Eco Airport ini mendukung visi perusahaan menjadi Smart & Connected Airport. Pemanfaatan EBT di bandara AP II akan menggunakan teknologi-teknologi baru, yang bisa diintegrasikan dengan teknologi eksisting,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Adapun di dalam masterplan Eco Airport 2021 - 2030, AP II fokus pada pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai energi baru terbarukan.

“Pada Fase Pertama yakni 2021, sudah diimplementasikan pemanfaatan EBT yakni PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang dipasang di atap bangunan di sejumlah gedung di Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kualanamu dan Bandara Banyuwangi dengan kapasitas 1,83 MWp (megawatt peak)," jelasnya.

Kemudian pada Fase Kedua yakni tahun ini direncanakan penggunaan PLTS Atap mencapai EBT 3,78 MWp, serta selanjutnya pada Fase Ketiga yaitu 2023-2025 direncanakan pemanfaatan PLTS di atas tanah (ground mounted) berkapasitas 18,69 MWp dan PLTS terapung (floating) berkapasitas 1,8 MWp. Pada 2025, ditargetkan seluruh 20 bandara AP II telah memiliki PLTS dengan kapasitas 26,34 MWp.

Di dalam pemanfaatan EBT ini, AP II mempersiapkan 3 aspek penting yakni SDM, Proses dan Teknologi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aspek SDM

Aspek SDM terkait dengan kompetensi teknik kelistrikan berbasis energi baru terbarukan, kemudian Proses terkait prosedur baku dalam pengoperasian energi baru terbarukan yang efektif dan efisien, serta Teknologi terkait dengan penggunaan platform yang tepat guna mengoperasikan energi baru terbarukan.

Lalu, terkait penggunaan teknologi kelistrikan, AP II saat ini juga telah membangun sistem yang dinamakan MANTRI (Monitoring System of Airport and Non-Airport Threshold Electrical Infrastructure) guna mengendalikan dan memonitor secara real time penggunaan energi di lingkungan AP II.

Di dalam webinar ini juga dinyatakan bahwa EBT adalah sumber energi listrik termurah saat ini.

Muhammad Awaluddin menuturkan penggunaan EBT yang sangat efisien dari sisi biaya akan sangat membantu bandara dalam menghadapi tantangan akibat pandemi COVID-19, karena listrik merupakan salah satu kontributor terbesar biaya operasional di bandara.

“Penggunaan teknologi dan keunggulan dari sisi biaya membuat pemanfaatan EBT dapat meningkatkan daya saing bandara-bandara AP II di era Industry 4.0,” jelas Muhammad Awaluddin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan transisi ke pemanfaatan EBT memerlukan dukungan seluruh pihak.

“Di dalam transisi ini, kerja sama komponen masyarakat sangat penting. Adanya kerja sama dalam hal regulasi, masalah pendanaan, serta teknologi yang juga harus mendukung,” jelasnya Bob.

Sementara itu, Senior EVP Manajemen Risiko PLN Chairani Rachmatullah mengatakan bahwa PLN menargetkan bauran EBT sebesar 23 perse pada 2025.

“PLN tetap komitmen bahwa EBT 23 perseb pada 2025,” pungkas Chairani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.