Sukses

Ada Momen Presidensi G20, IWAPI Siap Cetak Lebih Banyak Pengusaha Wanita

Ketua Umum Iwapi Nita Yudi memastikan, bila pihaknya siap menjadi bagian dari pelaksanaan Presidensi G20.

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) berharap pemerintah berperan aktif dalam pelaksanaan Presidensi G20 di Bali pada 2022 ini.

Hal tersebut diutarakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam Peringatan HUT Iwapi ke -47 secara daring, yang diikuti puluhan ribu anggotanya dari 34 provinsi.

"Seperti diketahui, tahun 2022 Indonesia akan menerima estafet kepemimpinan Presidensi G20. Untuk mencapai target pemberdayaan perempuan dan sesuai dengan tema strategis pada G20 dan W20, Iwapi diharapkan memberikan dukungan berupa masukan dan sinergi yang kuat, sebab Iwapi sejalan dengan pemberdayaan perempuan dalam hal pengembangan ekonomi," ujar Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kamis (10/2/2022).

Menteri Ayu Bintang mengakui jika Presiden Jokowi akan memberikan arahan langsung untuk menggandeng Iwapi dalam hal fokus pembangunan, salah satunya pembinaan berbasis gender.

"Isu pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berbasis gender, karena ketahanan ekonomi. Kita tunggu Iwapi dan dukung kegiatan G20," tuturnya.

Ketua Umum Iwapi Nita Yudi memastikan, bila pihaknya siap menjadi bagian dari pelaksanaan Presidensi G20.

"Iwapi dipercaya pemerintah untuk berperan aktif dalam G20. Dengan difokuskan pada tema green eco, green tourism. Untuk itu, saya mengimbau semua DPC, DPD, untuk siap membantu pemerintah dalam hal menciptakan lebih banyak lagi wanita pengusaha di Indonesia," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Iwapi Cetak 30 Ribu Pengusaha

Dia menuturkan, dalam 47 tahun berdiri, Iwapi berhasil mencetak lebih dari 30 ribu pengusaha wanita merata di 34 provinsi di Indonesia.

Meski begitu, langkah Iwapi akan tetap masif mencetak, melatih dan memberikan akses seluas-luasnya dalam hal penjualan serta permodalan.

"Sesuai dengan visi dan misi organisasi, kami akan terus memberdayakan pengusaha perempuan di Indonesia yang mayoritas adalah pelaku UMKM," ujarnya.

Di hari jadinya ke-47, Iwapi meluncurkan tiga program baru berbasis digital. Yakni website, Iwapi Education Center berbasis daring, serta Iwapi marketplace.

"Di mana semua program tersebut berbasis digital, untuk terus mengembangkan SDM anggota serta pemasaran bukan hanya lokal tapi meningkat ke pasar global lewat marketplace," kata Nita Yudi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.