Sukses

Erick Thohir Angkat Polana B Pramesti Jadi Dirut Wanita Pertama di AirNav Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melantik Polana B Pramesti sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia.

Polana mengisi jabatan yang sebelumnya diisi oleh M Pramintohadi Sukarno. Sedangkan Pramintohadi Sukarno diberikan mandat oleh Menteri Perhubungan sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan dan Energi Perhubungan, Kementerian Perhubungan.

Manajer Hubungan Masyarakat AirNav Yohanes Sirait mengatakan, dunia aviasi bukanlah hal baru bagi Polana yang sempat menjabat sebagai Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub. Sosok tersebut juga bukan orang asing karena pernah menjadi Direktur Navigasi.

"Tentu akan didukung penuh. Apalagi belum 10 tahun usia AirNav, tapi sudah memiliki Dirut wanita. Ini jadi hal yang spesial juga," ujar Yohanes dalam keterangan persnya, Sabtu (22/1/2022).

Lebih lanjut, Yohanes juga turut berterimakasih kepada Pramintohadi Sukarno atas kepemimpinan selama periode pandemi Covid-19 di Perum LPPNPI.

"Pak Pram masuk ke AirNav di masa pandemi, dan AirNav berhasil berjuang menghadapi pandemi yang sangat memukul dunia aviasi," pungkas dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karier

Polana B Pramesti purna tugas dari jabatannya sebagai Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) per 1 Desember 2021.

Sebelum purna tugas, Polana terhitung akrab dengan bidang perhubungan. Bahkan, selama menjabat sebagai kepala BPJT, Polana turut memuluskan pilot project BISKITA Trans Pakuan di Bogor.

Jabatan Kepala BPTJ diemban Polana sejak tanggal 28 Januari 2020 menggantikan Bambang Prihartono.

Sejak berdiri pada akhir 2015 hingga kini kepemimpinan BPTJ telah berganti 3 kali yaitu yang pertama adalah Elly Sinaga, Msc Phd (2015-2017), Ir. Bambang Prihartono, MSc (2017 -2020) dan Ir. Polana B Pramesti, MSc (2020-2021).

Sebelum menjadi Kepala BPTJ, Polana menduduki jabatan Dirjen Perhubungan Udara pada tahun 2018 hingga 2020.

Sektor Perhubungan Udara memang lingkungan kerja yang membesarkan Polana dari sejak awal berkarir di Kementerian Perhubungan pada tahun 1987. Polana memulai karirnya sebagai Kasubdit Prasarana Bandara, Direktorat Bandar Udara. 

Polana sempat pula dipercaya menjadi jajaran direksi di PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai Direktur Teknik pada 2013 – 2018.

Dia kembali ke Kementerian Perhubungan dengan menjadi Direktur Navigasi Penerbangan, kemudian ditunjuk Menteri Perhubungan sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara. Terakhir, beliau menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan.