Sukses

Joe Biden Sudah Pilih Calon Gubernur Baru The Fed, Siapa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menominasikan Sarah Bloom Raskin menjadi wakil ketua Federal Reserve atau The Fed berikutnya untuk pengawasan, yang bisa dibilang sebagai regulator perbankan paling kuat di negara itu.

Dilansir dari CNBC, Jumat (14/1/2022) Biden juga dikabarkan akan mencalonkan Lisa Cook dan Philip Jefferson untuk menjabat sebagai gubernur The Fed, menurut sejumlah sumber yang enggan disebutkan namanya.

Diketahui bahwa setiap calon pejabat The Fed akan menghadapi pertanyaan dari Komite Perbankan Senat, dalam beberapa pekan mendatang, juga badan kongres yang bertugas memeriksa penunjukan presiden ke Bank Sentral AS tersebut.

Jika Senat mengonfirmasi pencalonan mereka, Cook akan menjadi perempuan keturunan kulit hitam pertama yang menjabat di dewan The Fed sementara Jefferson akan menjadi pria kulit hitam keempat yang menduduki jabatan gubernur.

Komite Perbankan Senat telah mengadakan sidang nominasi untuk Ketua The Fed Jerome Powell, yang Biden pilih untuk dicalonkan untuk masa jabatan kedua.

Kemudian, komite tersebut juga mengadakan pertemuan serupa terkait nominasi Lael Brainard, yang dipilih Biden sebagai wakil ketua bank sentral berikutnya.

Sarah Raskin, sebelumnya telah memiliki pengalaman di The Fed dan pernah menjabat sebagai gubernur di bank sentral AS tersebut dari tahun 2010 hingga 2014 sebelum menjabat sebagai wakil menteri keuangan di bawah pemerintahan Barack Obama. 

 

2 dari 2 halaman

Sekilas Latar Belakang Calon Gubernur The Fed Pilihan Biden

Para figur yang dicalonkan Joe Biden untuk menjadi gubernur The Fed memiliki beberapa pengalaman yang bisa menjadi pertimbangan kuat untuk menduduki jabatan tersebut.

Lisa Cook adalah profesor ekonomi dan hubungan internasional di Michigan State University. Dia juga anggota komite pengarah di Center for Equitable Growth, sebuah think tank progresif yang berbasis di Washington. Dia juga pernah menjadi ekonom senior di Dewan Penasihat Ekonomi pemerintahan Obama.

Sementara Jefferson, adalah wakil presiden untuk bagian akademik dan dekan di fakultas arsitektur di Davidson College. Karirnya selama puluhan tahun di bidang akademik telah berfokus pada pasar tenaga kerja dan kemisi.

Namun, Senator Partai Republik Pennsylvania sekaligus anggota peringkat komite perbankan, Pat Toomey, mengaku skeptis terhadap nominasi Biden di The Fed.

"Sarah Bloom Raskin secara khusus meminta The Fed untuk menekan bank-bank menghentikan kredit ke perusahaan energi tradisional dan untuk mengecualikan pemberi kerja tersebut dari fasilitas pinjaman darurat The Fed," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

"Saya memiliki kekhawatiran serius bahwa dia akan menyalahgunakan mandat undang-undang The Fed tentang kebijakan moneter dan pengawasan perbankan agar bank sentral secara aktif terlibat dalam alokasi modal," kata Toomey.

"Saya akan memeriksa dengan cermat apakah Cook dan Jefferson memiliki pengalaman, penilaian, dan pandangan kebijakan yang diperlukan untuk menjabat sebagai Gubernur The Fed," tambahnya.