Sukses

The Fed Bakal Segera Rilis Laporan Kripto

Ketua the Federal, Jerome Powell mengatakan kepada komite Senat AS, laporan mengenai cryptocurrency tersebut akan dirilis dalam beberapa minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Laporan Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat (AS) yang sangat dinanti-nantikan tentang cryptocurrency dan mata uang digital bank sentral (CBDC) akhirnya menemukan kepastian. Sebelumnya, laporan tersebut dijadwalkan akan rilis pada September lalu, tetapi belum ada kabar lebih lanjut setelah jadwal tersebut. 

Ketua the Federal (the Fed), Jerome Powell mengatakan kepada komite Senat AS pada Selasa, 11 Januari 2022, laporan mengenai cryptocurrency tersebut akan dirilis dalam beberapa minggu.

Powell, yang dinominasikan untuk masa jabatan kedua sebagai ketua Fed oleh Presiden Joe Biden, ditanya tentang waktu laporan oleh Senator Mike Crapo di depan Komite Perbankan Senat.

"Kami tidak sampai ke tempat yang kami butuhkan untuk mendapatkannya," kata Powell tentang penundaan laporan tersebut, seperti dikutip dari Coindesk, Rabu (12/1/2022).

"Tapi itu efektif di sana sekarang, dalam beberapa minggu bahwa kami akan menerbitkannya,” lanjut Powell. 

Banyak orang yang berharap laporan tersebut akan fokus pada CBDC, subjek yang sedang diteliti The Fed dan topik diskusi yang populer di dengar kongres di mana Powell dipanggil sebagai saksi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senat Ragukan The Fed

Pada sidang Selasa, Powell ditanya oleh senator Pat Toomey, yang merupakan, anggota peringkat komite. Toomey bertanya apakah CBDC tidak dapat hidup berdampingan dengan stablecoin yang dikeluarkan secara pribadi dan diatur dengan baik, jika Kongres memberi The Fed wewenang mata uang digital.

"Tidak, tidak sama sekali,” jawab Powell.

Toomey juga meragukan otoritas The Fed untuk bertindak sebagai bank ritel untuk orang Amerika.

"Tampak bagi saya bahwa sama sekali tidak ada dalam sejarah, pengalaman, keahlian, kemampuan The Fed untuk menjadi bank ritel. Apakah itu pengamatan yang adil?” tanya Toomey.

Powell setuju: "Saya akan mengatakan, ya," katanya.

Ini bukan kali pertamanya Powell berjanji untuk menulis laporan mengenai cryptocurrency dan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Pada November, dia berjanji akan merilis laporan itu dalam minggu-minggu mendatang. Lalu, pada September, dia juga mengatakan bahwa laporan akan segera rilis. Kemudian Juli, dia berjanji laporan itu akan diterbitkan pada September. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.