Sukses

PPSDM Geominerba Bekali Siswa SMK Pengetahuan K3LH Pertambangan

Pelatihan diberikan sebagai upaya PPSDM Geominerba dalam mendukung program pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia unggul.

Liputan6.com, Jakarta Para siswa-siswa sekolah menengah juga menjadi sasaran PPSDM Geominerba untuk diberikan pemahaman seputar pendidikan dan pelatihan sektor pertambangan.

Seperti kepada SMK Negeri 4 Bojonegoro yang mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan singkat terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) pertambangan.

Pelatihan diberikan sebagai upaya PPSDM Geominerba dalam mendukung program pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia yang unggul di bidang Geologi, Mineral, dan Batubara.

Acara ini dibuka secara resmi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bojonegoro, Suyono pada Selasa 23 November 2021. 

Sebanyak 142 orang pelajar mengikut diklat yang berlangsung di Aula SMKN 4 Bojonegoro, Jawa Timur.

Pembekalan ini dilakukan karena penerapan K3LH sangatlah penting, utamanya bagi instansi pendidikan. Risiko kecelakaan dan ancaman kesehatan bisa dialami siapa saja, termasuk para siswa-siswi di sekolah menengah. Karena penerapan dan pemahaman K3LH terhadap siswa masih sangatlah kurang.

Salah satu pemberi materi adalah Fendra Nurpradana Putra. Dia merupakan satu Widyaiswara PPSDM Geominerba.

Materi yang diberikan antara lain Dasar Hukum K3 Pertambangan Minerba, Dasar Hukum Perlindungan Lingkungan Pertambangan Minerba, Alat Pelindung Diri, Teori Kebakaran, Identifikasi Bahaya dan Pengendalian Risiko.

Dilanjutkan dengan materi Pelaksanaan Inspeksi dan Upaya Perusahaan dalam Menerapkan Keselamatan Pertambangan.

Diharapkan dengan adanya pelatihan singkat ini dapat memberikan pengetahuan dini kepada para siswa-siswi juga dapat mencegah terjadinya bahaya dan risiko terjadinya kecelakaan di sekolah serta potensi penyakit yang bisa timbul di sekolah serta dapat berguna kelak pada dunia pekerjaan.(*)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini