Sukses

Harga Emas Terjun ke Level Terendah Seminggu, Saatnya Beli?

Harga emas turun ke level terendah dalam lebih dari seminggu pada hari Jumat

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun ke level terendah dalam lebih dari seminggu pada hari Jumat, dibebani oleh kenaikan imbal hasil obligasi AS dan dolar AS yang lebih kuat.

Data menunjukkan harga inflGold turun ke level terendah dalam lebih dari seminggu pada hari Jumat, terbebani oleh dolar yang lebih kuat setelah AS data menunjukkan inflasi tetap panas bulan lalu menempatkan fokus kembali pada pertemuan kebijakan Federal Reserve minggu depan.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (30/10/2021), harga emas di pasar spot turun 0,9 persen menjadi USD 1.782,23 per ounce pada pukul 14:10. EDT (1810 GMT). Harga emas berjangka AS untuk bulan Desember turun 1,04 persen pada USD 1.783,90 per ounce.

Data belanja konsumen memicu kekhawatiran tentang tindakan kebijakan moneter agresif dari The Fed untuk memerangi lonjakan harga, mengirim imbal hasil obligasi 10-tahun AS naik setinggi 1,6190 persen, dan dolar melonjak 0,8 persen.

"Pedagang di seluruh pasar global telah secara agresif meningkatkan pandangan mereka untuk pengetatan kebijakan, karena krisis energi dan rantai pasokan mendorong inflasi lebih tinggi, membuat pelaku pasar memperhitungkan risiko keluar lebih cepat," kata analis di TD Securities dalam sebuah catatan.

Sementara emas dianggap sebagai lindung nilai inflasi, pengurangan stimulus dan kenaikan suku bunga cenderung mendorong imbal hasil obligasi pemerintah dan dolar naik, mengurangi daya tarik emas yang tidak memberikan imbal hasil.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan The Fed

The Fed diperkirakan akan mengumumkan kapan akan mulai meruncing pada akhir pertemuan kebijakan moneter 2-3 November.

"Tidak ada apa pun yang dapat menghentikan penurunan emas saat ini," kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago, menambahkan bahwa dana menjadi penjual aktif setiap kali emas melintasi level kunci USD 1.800 per ons.

Secara keseluruhan, kekhawatiran tentang kenaikan harga membuat emas dan perak di jalur untuk kenaikan bulanan masing-masing lebih dari 1 persen dan 7 persen.

Di sisi fisik, emas dijual dengan harga premium di India minggu ini karena konsumen berbondong-bondong ke pengecer menjelang festival besar minggu depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.