Sukses

Link Cek Hasil Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK Guru 2021 yang Diumumkan Hari Ini 8 Oktober

Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK Guru 2021 sempat tertunda.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah resmi mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi I PPPK Guru 2021 pada hari ini Jumat 8 Oktober 2021. Adapun tes Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap I sudah dimulai sejak 13 sampai 18 September 2021.

Sebanyak 173.329 guru honorer lulus ujian seleksi pertama guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau  PPPK 2021.

Dari jumlah itu, sebanyak 53,7 persen formasi guru terisi dari 322.663 formasi yang mendapatkan pelamar pada ujian seleksi tahap pertama.

"Mewakili Kemendikbudristek kami menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya untuk para guru honorer yang dinyatakan lulus ujian seleksi pertama dan mendapatkan formasi,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Jumat, (8/10/2021).

Sebagai informasi, pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Tahap I ini memang sempat tertunda. Itu dikarenakan sesuai dengan kesepakatan bersama dengan Komisi X DPR RI, penundaan tersebut bertujuan untuk memberi waktu bagi Kemendikbudristek agar berkoordinasi dengan Panselnas.

Koordinasi tersebut dalam rangka memperjuangkan guru honorer peserta seleksi guru ASN PPPK, dengan tetap menjamin hak peserta yang sudah dinyatakan lolos formasi.

Dikutip dari keterangan tertulis GTK Kemendikbudristek, pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Tahap 1 Guru ASN PPPK tahun 2021 ini dapat diakses melalui kanal YouTube Kemendikbud RI dengan link https://www.youtube.com/watch?v=XFBzdY1H2-0.

Peserta bisa langsung melihat siaran langsung hasil pengumuman Seleksi Kompetensi I sejak pukul 09.00 WIB.

Sementara bagi yang ingin melihat langsung kelulusan bisa melihatnya di https://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/ 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Proses 2 dan 3

Sementara bagi peserta yang masih gagal pada seleksi tahap pertama ini, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Iwan Syahril mengatakan untuk para guru honorer agar kembali fokus dan konsentrasi karena akan ada kesempatan kedua dan ketiga.

“Perlu kami tekankan bahwa Kemendikbudristek selalu berada di belakang para guru honorer dan terus mendorong serta memastikan kemudahan dalam mengikuti seleksi ASN PPPK. Kami juga mengingatkan bahwa kesempatan tidak berhenti sampai di tahap satu saja, sehingga kami mengajak guru honorer untuk memfokuskan energi serta konsentrasi untuk mengikuti kesempatan kedua dan ketiga yang masih sangat terbuka,” ujarnya.

Selain itu, Irwan Syahril pun tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak dalam pelaksanaan seleksi PPPK Guru 2021 ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik antar lintas kementerian atas pelaksanaan seleksi kompetensi tahap 1 yang lancar dan aman. Kami juga mengapresiasi kesabaran dan dedikasi para calon guru ASN PPPK dalam mengikuti tahapan seleksi,” tuturnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.