Sukses

Misi Pertamina Hulu Indonesia Bangun Kemandirian Masyarakat

Pertamina Hulu Indonesia (PHI), yang merupakan Subholding Upstream Regional Kalimantan, terus menguatkan perannya dalam membangun ekonomi kerakyatan

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), yang merupakan Subholding Upstream Regional Kalimantan, terus menguatkan perannya dalam membangun ekonomi kerakyatan

Direktur Utama PHI, Chalid Said Salim mengatakan, PHI memainkan peranan penting dalam menghasilkan minyak bumi dan gas alam dari Wilayah Kalimantan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Indonesia.

Tahun 2020 saja, PHI memproduksi rata-rata sekitar 51,7 ribu barel minyak per hari (MBOPD) dan 727,5 juta meter standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) yang setara dengan sekitar 13 persen dan 28 persen produksi.

Selain memproduksi migas bagi negara, lanjut Chalid, PHI juga konsisten melaksanakan berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud komitmen Perusahaan terhadap pembangungan yang berkelanjutan.

Berbagai program TJSL ini harus memberikan manfaat secara ekonomi, sosial, lingkungan, dan hukum serta tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya, dapat dipertanggungjawabkan, dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis Perusahaan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Program TJLS PHI terdiri dari 5 pilar yang merupakan satu kesatuan dan berkesinambungan, yakni: Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi dan Infrastruktur, Lingkungan, dan Tanggap Bencana," kata Chalid dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Chalid menunjukkan berbagai capaian dan penghargaan oleh PHI dan unit-unit usahanya pada 2020 dan 2021 karena program-program unggulan selama ini. Misalnya, tahun 2020 PHI meraih 5 penghargaan Indonesia CSR Award 2020.

Di tahun 2021, PHI mendapatkan penghargaan Nusantara CSR Award atau NCSRA 2021 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR pada 15 September 2021 lalu. PHI meraih 7 penghargaan pada ajang tersebut melalui Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Pertamina EP Tarakan Field, dan Pertamina EP Bunyu Field.

Penghargaan terkini adalah Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2021 yang diberikan pada 19 September 2021 kepada PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS). ISDA 2021 merupakan ajang tahunan oleh Corporate Forum for Community Development bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sebagai lead sector dalam SDGs di Indonesia.

Dalam bidang lingkungan, pada tahun 2020 PHI mendapatkan penghargaan Proper Hijau untuk 10 lapangan migas yang dikelola perusahaan.

Tahun ini PHI menargetkan pencapaian 14 Proper Beyond Compliance dan 2 Proper Biru. Chalid menilai berbagai penghargaan tersebut sebagai bentuk perwujudan komitmen PHI dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup tanpa meninggalkan kepatuhan terhadap seluruh peraturan, standar, dan ketentuan stakeholder yang berlaku.

"Pencapaian ini menunjukkan bahwa PHI mengimplementasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dengan mengupayakan keseimbangan antara aspek manusia (people), lingkungan (environment), dan ekonomi," kata Chalid.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, tanggungjawab sosial adalah salah satu bentuk timbal balik perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Maka diharapkan agar tercapai ultimate goal, yaitu kemandirian masyarakat dari permasalahan yang dihadapi serta mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui inovasi sosial. Diperkirakan untuk sepuluh tahun ke depan merupakan periode terpenting dalam hal mencegah bencana perubahan iklim dan perlindungan keanekaragaman hayati.

Lebih lanjut Menteri Siti memberikan apresiasi kepada Pertamina sebagai salah satu perusahaan yang loyal dalam menjadi partner terhadap program PROPER dan terus memberikan perbaikan dari kriteria program yang dikembangkan, serta telah berkontribusi melalui program-program CSR yang signifikan di Indonesia. Dia juga menjelaskan mengenai pentingnya program CSR dalam menjaga keberlangsungan bisnis.

”Selain tentunya juga memberi kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan yang memiliki elemen pertumbuhan keadilan ekonomi, pembangunan sosial, konservasi sumber daya alam, perlindungan lingkungan tata kelola pemerintahan yang baik,” katanya dalam sambutannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • minyak