Sukses

Erick Thohir: Warung Pangan Dekatkan BUMN dengan Rakyat

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meresmikan Warung Pangan.  Ekosistem digital ini diinisiasi oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT BGR Logistics, dan PT Perkebunan Nusantara.

Dia menilai, Warung Pangan bakal semakin memperkuat ekosistem pangan nasional dan mendekatkan BUMN dengan rakyat.

"Warung Pangan jadi ekosistem baru yang sejalan dengan yang selalu kita tekankan bahwa Kementerian BUMN sangat mendorong agar BUMN ini dekat dengan rakyat, dan membangun UMKM, serta membuka lapangan pekerjaan," ujar Erick Thohir, dalam acara Launching Produk Bersama dengan Nusakita, Panganesia, dan Rania!, Kamis (16/9/2021).

Mantan Bos Inter Milan itu ingin agar Warung Pangan bisa mendapatkan sumber pendanaan dari berbagai bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara alias Himbara. Sehingga Warung Pangan yang saat ini jumlahnya lebih dari 40 ribu bisa terus bertahan di tengah kondisi sulit akibat pandemik COVID-19.

"Ada perwakilan di sini dari himbara, saya ingin memastikan nanti Warung Pangan ini yang jumlahnya tadi 47 ribu bisa ada akses pendanaan, warung-warung ini di-support pendanaannya," ucap Erick.

Di sisi lain, dia juga berpesan bahwa Warung Pangan ke depannya harus bisa menjadi sarana lapangan pekerjaan yang baru. Hal tersebut sejalan dengan visi Kementerian BUMN yang ingin perusahaan-perusahaan pelat merah di bawahnya bisa berperan dalam pembukaan lapangan pekerjaan.

"Saya berharap dengan adanya Warung Pangan ini bisa menambah pekerjaan. Saya tidak tahu berapa pekerjaan di dalam satu warung, tetapi kalau kita lihat dengan program yang sudah kita lakukan seperti Pertashop ini harusnya bisa (membuka lapangan pekerjaan baru)," jelasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Dukung Badan Pangan Nasional

Erick menambahkan, kehadiran Warung Pangan juga harus mampu mendukung Badan Pangan Nasional yang beberapa waktu lalu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, dirinya yakin Holding BUMN Pangan yang sebentar lagi terbentuk akan memperkuat ekosistem pangan nasional.

"Kita harap Badan Pangan Nasional ini bisa menjadi kenyataan secepat mungkin. Kita harus pastikan juga Holding Pangan kita ada dua, satu yang memang penugasan bertugas menjaga stabilisasi harga dan kedua bahwa ada yang namanya market driven atau friendly kepada market," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com