Sukses

Bank Mandiri Buka 334 Ribu Rekening Baru untuk Penerima BLT Subsidi Gaji

Bank Mandiri berkomitmen mendukung Kementerian Ketenagakerjaan menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT Subsidi Gaji.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Mandiri berkomitmen mendukung Kementerian Ketenagakerjaan menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT Subsidi Gaji kepada para pekerja/buruh penerima agar sesuai jadwal dan tepat sasaran.

Untuk itu, Bank Mandiri akan mengoptimalkan seluruh jaringan perseroan di wilayah yang terdekat dengan lokasi kerja penerima, sesuai dengan penugasan yang diberikan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, penyaluran BLT Subsidi Gaji juga melibatkan Bank Mandiri dan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) lainnya untuk memastikan program berjalan sesuai target yang telah ditetapkan.

"Program bantuan ini dilakukan sebagai bentuk upaya Pemerintah untuk mengurangi dampak PPKM di masa pandemi. Kami menunjuk Himbara agar penyaluran BSU bisa lebih cepat, efisien serta tidak ada biaya administrasi," ujarnya saat menyerahkan BLT Subsidi Gajo secara simbolis kepada 25 pekerja di PT Industri Ceres, Bandung, Jumat (10/9/2021)

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengungkapkan, pihaknya pada tahun ini akan menyalurkan BLT Subsidi Gaji kepada sekitar 2,5 juta pekerja/buruh di seluruh Indonesia.

Termasuk sekitar 29 ribu pekerja di Aceh yang akan menerima BSU melalui perusahaan anak, yaitu Bank Syariah Indonesia. Adapun nilai BLT Subsidi Gaji yang diberikan untuk setiap pekerja sebesar Rp 1 juta per pekerja untuk periode dua bulan, yakni Agustus dan September.

"Berdasarkan data yang diterima dari Kementerian Ketenagakerjaan, kami lalu melakukan pencetakan buku tabungan dan melakukan mapping atas lokasi perusahaan para penerima BSU untuk menentukan cabang penyaluran terdekat. Sosialisasi internal mengenai proses penyaluran ini telah kami lakukan, termasuk penyiapan counter khusus agar pencairan dana BSU sesuai jadwal," tuturnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Realisasi Subsidi Gaji

Menurut Rohan, hingga 9 September 2021, Bank Mandiri telah merealisasikan penyaluran BLT Subsidi Gaji kepada 1,29 juta pekerja/buruh senilai Rp 1,29 triliun, baik bagi pekerja yang telah memiliki rekening maupun yang dibukakan rekening baru di Bank Mandiri. Khusus di wilayah Jawa Barat, Bank Mandiri menyalurkan BSU kepada 209 ribu pekerja/buruh.

"Saat ini kami juga tengah memproses pembukaan rekening bagi 334 ribu pekerja lainnya. Atas rekening baru tersebut, Kemenaker akan memverifikasi ulang dan selanjutnya memberikan instruksi penyaluran BSU kepada rekening yang lolos verifikasi," sambung Rohan.

Dia menambahkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti setiap data tambahan penerima BSU dari Kemenaker agar penyaluran BLT Subsidi Gaji dapat selesai sesuai target yang ditetapkan.

"Untuk itu, kami akan terus berkoordinasi secara intens dengan Kemenaker untuk memastikan bahwa penerima memang tidak memiliki rekening di bank Himbara lainnya dan tidak menerima bantuan program lainnya," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.