Sukses

Cek Lagi Lokasi dan Jadwal Ujian SKD CPNS 2021 dan PPPK dengan Cara Ini

Karena lokasi dan jadwal tes SKD CPNS 2021 berbeda-beda, peserta diharapkan mandiri dengan mencari langsung jadwal dan lokasi pelaksanaan tes.

Liputan6.com, Jakarta Tes SKD CPNS 2021 dan PPPK sudah dimulai sejak 2 September. Kendati demikian masih ada beberapa instansi yang baru akan melaksanakan seleksi abdi negara ini meski udah mengumumkan lokasi dan jadwal SKD CPNS 2021.

Karena lokasi dan jadwal pelaksanaan tes SKD CPNS 2021 berbeda-beda, peserta diharapkan mandiri dengan mencari langsung jadwal dan lokasi pelaksanaan tes.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan peserta SKD CPNS untuk mengetahui lokasi dan jadwal seleksi SKD CPNS maupun PPPK.

Pertama melalui laman resmi yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni di website sscasn.bkn.go.id.

Di sini, peserta bisa mengecek langsung. Simaklah langkah-langkah berikut ini, Kamis (9/9/2021):

1. Peserta mengakses laman sscasn.bkn.go.id atau dengan mengeklik https://sscasn.bkn.go.id/.

2. Kemudian pada menu bar, klik “Layanan Informasi”.

3. Setelah itu, pilih “Jadwal Ujian”.

4. Selanjutnya akan muncul lokasi serta jadwal tes. Untuk memudahkan mencari instansi, lakukan pencarian dalam kolom “Search” dan ketik nama instansi yang dituju.

Segala informasi yang berkaitan dengan proses seleksi CASN, seperti jadwal, lokasi, hingga alamat, akan tersedia dalam laman sscasn.bkn.go.id.

Adapun cara kedua, peserta bisa memantau penetapan lokasi dan jadwal seleksi melalui website resmi instani yang dilamar.

 

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Sukses Tes SKD CPNS 2021

Semua peserta tes SKD CPNS 2021 pasti menginginkan dirinya bisa lolos hingga akhir seleksi dan kemudian menjadi abdi negara.

Tes SKD CPNS 2021 telah dimulai sejak 2 September lalu. Peserta bisa melihat hasil usahanya apakah bisa memenuhi ambang batas kelulusan atau tidak melalui akun Youtube resmi BKN.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam laman Facebook resminya, Rabu (8/9/2021) membagikan tips dan trik dari salah satu peserta seleksi SKD CPNS yang sukses mencapai nilai melampaui passing grade SKD.

Tips itu dibeberkan dalam sebuah video wawancara yang tidak disebutkan namanya namun dikatakan merupakan peserta yang memperoleh nilai tes 404. Dia melamar untuk instansi Kementerian Luar Negeri.

Dia melangsungkan tes SKD di UPT BKN Serang. "Taktik saya bermain di waktu, jadi saya berusaha mengerjakan yang menurut saya cepat," ungkap peserta wanita berhijab in membocorkan tips bisa dapat nilai tinggi dalam video tersebut.

Kemudian, ketika ditanya tentang seleksi SKD CPNS 2021 yang kini memiliki berbagai macam persyaratan, dan apakah itu memberatkan, peserta itu mengungkapkan tidak menghadapi hambatan.

"Sejauh ini tidak, karena rata-rata yang dibutuhkan sekarang sosial juga, terutama vaksin, karena untuk pergi kemanapun itu dibutuhkan," ungkapnya.

"Jadi menurut saya standar," katanya.

"Saya tidak menyangka karena ini pertama kalinya buat saya, tapi saya awalnya tidak berpikir (tes) akan secanggih ini..sehingga ketika tadi menggunakan (platform tes) saya mengerjakan dengan tenang karena tidak ada hambatan sama sekali. Jadi saya juga bisa menyelesaikan tepat waktu" beber peserta tes itu.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.