Sukses

Emtek Group dan Grab Kolaborasi, Tengok Kekuatan Ekosistem Digital yang Dibangun

Liputan6.com, Jakarta - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group) dan perusahaan ride-hailing Grab menjalin kemitraan strategis. Kolaborasi ini akan menggabungkan keunggulan dari dua ekosistem digital besar di Indonesia.

Melalui kemitraan ini, kedua perusahaan berencana untuk menjajaki kolaborasi dengan memanfaatkan luasnya jangkauan dan kekuatan unik dari masing-masing ekosistem yang dimiliki Grab dan Emtek untuk mencapai dua tujuan utama.

Pertama, mendorong percepatan digitalisasi dan menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia. Kedua, menghadirkan layanan digital yang lebih terjangkau dan menawarkan kenyamanan lebih bagi masyarakat Indonesia, bahkan di wilayah dengan tingkat digitalisasi yang masih rendah.

Kedua perusahaan akan menjajaki peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce, juga layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional.

Emtek pun telah menginvestasikan USD 375 juta di PT Grab Teknologi Indonesia. Grab juga telah merampungkan investasi ke Emtek Group.

Untuk tahap awal, Grab dan Emtek Group akan menghadirkan Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan), sebuah program akselerator yang bersifat menyeluruh dan menargetkan UMKM di kota-kota tier 2 Indonesia.

Festival Kota Mapan pertama direncanakan di Solo pada September 2021, dan menargetkan 1.000 UMKM. Melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan bekerja sama mendorong percepatan transformasi digital untuk para pelaku UMKM.

"Kami telah mengenal tim Grab Indonesia sejak lama dan menemukan bahwa kami memiliki tekad yang sama, yang didedikasikan untuk membuat kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia menjadi lebih baik melalui teknologi," ungkap Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono, dalam konferensi pers pada Senin (26/7/2021).

Kekuatan Emtek

Adapun Emtek Group memiliki portofolio bisnis yang terdiversifikasi mencakup bisnis media, yakni SCTV dan Indosiar merupakan dua jaringan televisi free-to-air nasional terkemuka dengan pangsa pemirsa mencapai lebih dari 26 persen, platform over-the-top (OTT) Vidio yang memiliki lebih dari 70 juta pengguna dan menempati posisi ke-3 OTT terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu juga termasuk bisnis-bisnis digital lainnya seperti all-commerce marketplace Bukalapak, online publisher KLY dengan lebih dari 1,5 miliar page view per bulan Kemudian juga ada investasi di sektor kesehatan melalui kepemilikan 6 rumah sakit.

Emtek Group tercatat telah menayangkan 570 acara live sejak 2020 dengan 87 juta juta penonton. Emtek sejak 2014 telah berinvestasi di Bukalapak. Layanan e-commerce ini tercatat memiliki 104,9 juta pengguna. Perusahaan juga berinvestasi di layanan dompet digital Dana, yang saat ini memiliki 70 juta pengguna.

 

2 dari 3 halaman

Kekuatan Grab

Sementara itu, Grab adalah salah satu aplikasi populer untuk layanan transportasi online dan pengantaran makanan online di Indonesia. Grab juga menawarkan rangkaian layanan sehari-hari lainnya termasuk GrabKios, GrabMart, GrabAssistant, GrabHealth, Insurance, Pulsa, Clean & Fix, dan masih banyak lagi.

Selama 3 tahun terakhir, mitra pengemudi, mitra merchants, dan mitra agen Grab secara kolektif telah memperoleh pendapatan lebih dari Rp 92 triliun (USD 6,5 miliar) melalui platform Grab.

Layanan Grab saat ini sudah tersedia di 400 kota di Asia Tenggara, dengan 260 di antaranya di Indonesia. Grab telah berhasil membuka lebih dari 9 juta lapangan pekerjaan untuk driver, partner, merchant di wilayah Asia Tenggara.

Selain itu, Grab juga telah membuka peluang pendapatan bagi lebih dari 1.100 mitra tunarungu dan keterbatasan fisik, sebanyak 33 persen merchant GrabFood menggunakan layanan online untuk pertama kalinya, serta lebih dari 600 ribu bisnis kecil terdaftar di layanan Grab pada 2020.

Grab juga telah memberikan lebih dari 500 ribu sertifikat pelatihan untuk lebih dari 250 ribu mitra driver. Ini diberikan melalui program kerjasama literasi digital dengan Microsoft. Grab juga merupakan mitra sektor swasta pertama yang membantu pemerintah Indonesia mendistribusikan vaksin melalui pendekatan teknologi.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: