Sukses

5 Jurus Promosikan Bisnis Lewat Digital Branding

Cara ini juga bisa dilakukan untuk seseorang yang akan membuka bisnis baru.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang memiliki bisnis pasti akan mempromosikan produknya dalam sebuah web atau platform lainnya. Hal ini dilakukan baik untuk bisnis besar maupun bisnis kecil guna mengenalkan produknya kepada masyarakat.

Namun, beberapa pebisnis tidak menyadari bahwa ada hal-hal yang harus diperhatikan tentang bagaimana caranya membuat digital branding ini.

Digital branding adalah jejak virtual bisnis Anda dalam sebuah web karena di dalamnya ada logo, warna khas, hingga nada yang digunakan dalam komunikasi online. Pengidentifikasian seperti itulah yang akan membedakan bisnis Anda dengan perusahaan lain.

Dikutip dari laman Enterpreneur, Selasa (20/7/2021), setidaknya ada lima konsep yang harus dipikirkan oleh seorang pebisnis ketika akan mempromosikan produknya melalui web atau dengan digital branding. Cara ini juga bisa dilakukan untuk seseorang yang akan membuka bisnis baru.

1. Logo dan warna merek

Kedua hal ini sangat penting untuk kegiatan promosi produk. Dengan memiliki logo dan warna khas, produk Anda memiliki keunikan yang berarti akan dengan mudah dikenal oleh masyarakat. Ketika orang melihatnya, mereka akan tahu siapa Anda.

Lakukanlah sejak awal membuka bisnis agar memiliki identitias visual yang jelas. Di samping itu, juga untuk membangun sebuah merek agar dikenal oleh masyarakat.

Anda bisa membuat logo misalnya dari gambar yang menginspirasi dan mencerminkan visi Anda. Hal ini akan membuat pengembangan identitas visual lebih intuitif dan jitu.

Mungkin Anda bisa mengonsultasikannya dengan desainer grafis untuk membahas masalah logo dan warna ini.

2. Penggunaan psikologi warna

Selain logo, pemilihan warna pun tak kalah penting. Warna dapat memengaruhi perilaku dan keputusan sebagai bagian dari proses branding.

Bahkan telah terbukti jika warna memiliki efek emosional dan psikologis sehingga penting untuk memilih warna yang tepat dan menarik untuk menyampaikan pesan yang ingin Anda komunikasikan.

Misalnya warna biru tua sering dipandang sebagai rona tradisional, andal, dan praktis. Sedangkan warna hijau limau memancarkan getaran futuristik dan teknologi maju, mungkin bisa menjadi pilihan untuk perusahaan perangkat lunak.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Desain situs web

Pikirkan desain sebagai real estate virtual bisnis Anda di web. Pastikan semua konten dan produk saling memperkuat dan melengkapi satu sama lain, dari foto hingga font yang digunakan. Hal ini berguna agar para pengunjung yang melihat web bisnis Anda dapat merasakan brandingnya.

Anda harus bisa mendesain web dengan tampilan yang menarik dan informatif. Rancanglah desain yang sekiranya nyaman dipandang oleh pengunjung, itu kuncinya.

4. Konten media sosial

Saat ini ada banyak platform media sosial yang sering digunakan masyarakat, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Pinterest, atau LinkedIn.

Manfaatkanlah konten media sosial untuk memperkuat promosi produk Anda. Cara ini pun dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat agar mereka ingin tahu apa produk yang Anda tawarkan. Dengan adanya konten media sosial, Anda pun bisa memberi gambaran mengenai produk Anda secara virtual.

5. Konsistensi adalah kuncinya

Idenitas merek harus sangat jelas dalam segala bentuk periklanan dan pemasarannya. Semakin mudah dikenal, semakin mudah para pelanggan mengingat siapa Anda dan apa produknya. Konsistensilah yang diperlukan supaya semua ini berjalan dengan baik.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.