Sukses

Jokowi: Investor Berbasis UMKM Sama Mulianya dengan Investor Asing

Berbagai kemudahan bagi UMKM juga diharapkan dapat menumbuhkan UMKM lokal agar dapat berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan besar.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberikan akses berinvestasi yang setara bagi pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dan investor besar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, investor berbasis UMKM dan koperasi sama mulianya dengan investor besar serta investor asing.

"Saya ingin menggarisbawahi, investasi jangan hanya dilihat sebagai investor besar. Pemerintah juga memberikan akses setara kepada golongan UMKM dan koperasi," katanya, Jakarta, Selasa (13/7/2021).

"Investor berbasis UMKM dan koperasi sama mulianya dengan investor besar, investor asing. Sama-sama memberikan kesempatan kerja kepada rakyat Indonesia. sama-sama berperan memajukan perekonomian bangsa," tambahnya.

Berbagai kemudahan bagi UMKM juga diharapkan dapat menumbuhkan UMKM lokal agar dapat berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan besar untuk menciptakan pemerataan, kemandirian ekonomi, dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Pemerintah juga telah membentuk satgas percepatan investasi melalui Keputusan Presiden 11/2021 yang bertugas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha, serta mendorong kerja sama investor besar dengan UMKM.

"Undang-undang Cipta Kerja juga mengamanatkan hilirisasi industri, transformasi ekonomi melalui hilirisasi industri dibutuhkan untuk meningkatkan nilai tambah, mengurangi impor, meningkatkan ekspor, dan membuka lapangan kerja lebih banyak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia maju," tandasnya.

 

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Modal RI Perlu Cara Baru Dongkrak Jumlah Investor

Sebelumnya, Direktur Utama PT MNC Sekuritas Susy Meilina menilai pasar modal perlu memikirkan cara baru untuk menambah jumlah investor. Hal ini mengingat investor kripto tumbuh lebih cepat ketimbang saham.

Susy mengatakan, generasi milenial dekat dengan sesuatu hal baru di tengah dunia bergerak makin cepat. Salah satu produk yang menarik perhatian generasi milenial itu berkaitan dengan kripto. Susy menuturkan, ada salah satu pelajaran diambil dari kripto mengenai kemudahan sehingga mendongkrak investor kripto dengan cepat.

"Investor (kripto-red) cepat banget naik sudah 5 juta. Investor pasar modal 5,6 juta itu setelah 40 tahun, itu pun sebagian besar investor reksa dana. Pasar modal perlu memikirkan cara pembaharuan supaya investor cepat naik, agar tak kalah dengan produk investasi lain," kata dia, saat diskusi virtual, Senin (12/7/2021).

Sementara itu, Direktur Ekuator Swarna Investama, Hans Kwee menuturkan, kripto bukan termasuk mata uang karena tidak diakui berbagai bank sentral sebagai alat pembayaran. Ia mengatakan, kripto itu sebagai komoditas.

"Sebagai komoditas, tetapi teman-teman harus hati-hati lihat fundamental value-nya, sangat sulit dihitung, tidak punya fundamental value ketika tidak bisa jadi alat pembayaran," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Investor Asing