Sukses

Harga Minyak Tergelincir karena Kekhawatiran Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Global

Penurunan harga minyak ini juga terjadi di tengah terhentinya pembicaraan OPEC+ mengenai pengetatan pasokan minyak.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak mentah berjangka tergelincir pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta). Penurunan harga minyak ini karena kekhawatiran investor akan perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Penurunan harga minyak ini juga terjadi di tengah terhentinya pembicaraan pengetatan pasokan minyak mentah oleh negara-negara produsen minyak yang bergabung dalam OPEC serta sekutunya.

Mengutip CNBC, Selasa (13/7/2021), harga minyak mentah Brent untuk pengiriman September turun 0,52 persen dan menetap di USD 75,16 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS untuk pengiriman Agustus menetap di USD 74,10 per barel, turun 0,62 persen.

Kedua tolok ukur harga minyak ini turun sekitar 1 persen pada minggu lalu tetapi masih mendekati level tertinggi yang terakhir dicapai pada Oktober 2018.

Penyebaran varian virus corona Covid-19 dan akses yang tidak merata ke vaksin mengancam pemulihan ekonomi global. Hal tersebut diungkapkan dalam pertemuan ekonomi G20 pada Sabtu lalu.

Dalam perhitungan Reuters, penyebaran virus Covid-19 meningkat di 69 negara, dengan tingkat positif harian mengarah ke atas sejak akhir Juni dan sekarang mencapai 478 ribu.

"Pasar bergerak negatif akhir-akhir ini di tengah kebuntuan pembicaraan OPEC+ yang mengarah pada skenario penambahan pasokan, yang berarti lebih banyak minyak masuk ke pasar," kata pialang minyak PVM, Stephen Brennock.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penguatan Harga Minyak Dibayangi Penyebaran Covid-19 Varian Delta

Sebelumnya, harga minyak naik untuk hari kedua pada hari Jumat karena data menunjukkan penarikan persediaan AS tetapi menuju kerugian mingguan di tengah ketidakpastian pasokan global setelah kebuntuan OPEC+.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (10/7/2021), harga minyak mentah berjangka Brent menetap 1,93 persen, atau USD 1,43 lebih tinggi pada USD 75,55 per barel. Kontrak berjangka West Texas Intermediate AS menetap 2,22 persen, atau USD 1,62 lebih tinggi pada USD 74,56 per barel.

Harga di kedua sisi Atlantik berada di jalur untuk penurunan mingguan sekitar 1 persen, terseret oleh runtuhnya pembicaraan produksi antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu termasuk Rusia, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+.

Stok minyak mentah dan bensin AS turun dan permintaan bensin mencapai level tertinggi sejak 2019, Administrasi Informasi Energi AS mengatakan pada hari Kamis, menandakan peningkatan kekuatan dalam perekonomian.

“Laporan saham EIA yang bullish membantu pasar minyak rebound ke dalam kegelapan,” kata Stephen Brennock dari broker minyak PVM.

“Jelas, pasar minyak AS ketat. Namun satu-satunya cara untuk mencegah kerugian lebih lanjut adalah menahan ancaman perang harga OPEC+," tambahnya.

Kenaikan harga minyak dibatasi oleh kekhawatiran bahwa anggota kelompok OPEC+ dapat tergoda untuk mengabaikan batas produksi yang telah mereka ikuti selama pandemi COVID-19, dengan pembicaraan terhenti karena kebuntuan antara produsen utama Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. .

Dua sekutu Teluk OPEC berselisih mengenai usulan kesepakatan yang akan membawa lebih banyak harga minyak ke pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.