Sukses

3 Pelajaran Kepemimpinan yang Bisa Dipetik Dari Elon Musk

Liputan6.com, Jakarta - “Sukses meninggalkan petunjuk," itu sebabnya ketika orang sukses di bidangnya, Anda harus mencoba dan belajar dari mereka.

Tidak masalah apakah Anda mencintai mereka atau membenci mereka, jika gaya mereka berbeda dari Anda, atau tak menyukai bisnis mereka. Jika mereka sukses, keahlian mereka berguna bagi Anda.

Tentunya Anda tahu Elon Musk pemilik dan pendiri Tesla yang sahamnya terus meroket. Ini berarti masuk akal untuk melihat apa yang dilakukan Elon Musk dan apa yang dapat Anda pelajari darinya.

Ini tidak berarti bahwa semua yang dia lakukan akan sangat cocok untuk usaha Anda, tetapi pasti akan ada beberapa hal yang dapat diterapkan.

Dikutip laman Entrepreneur.com, Selasa (22/6/2021), berikut 3 pelajaran yang bisa Anda pelajari dari Elon Musk pada bisnis Anda:

1. Kalau jatuh bangun lagi

Seperti semua orang sukses, Musk juga pernah mengalami kegagalan. Dia dikeluarkan sebagai CEO dari perusahaannya sendiri, Zip2. Ketika perusahaannya, X.com, bergabung dengan Confinity menjadi PayPal, ia segera dicopot sebagai CEO PayPal.

Selain itu, pada satu titik, perusahaan eksplorasi ruang angkasa Tesla dan Musk, Space X, berada di ambang kebangkrutan. Tapi semua itu tidak menahannya. Ketika Musk jatuh, dia bangkit lagi menjadi lebih kuat dan lebih mampu.

Dalam bisnis, tidak ada yang benar-benar berjalan sesuai rencana. Perbedaan antara pemenang dan pecundang adalah batas tipis untuk menentukan seseorang bersedia untuk mencoba lagi, belajar dari setiap upaya sebelumnya.

Jika Anda mampu melewati ego tersebut dan memahami pelajaran dari kegagalan masa lalu, Anda akan melangkah jauh. Jika Anda tidak bisa, Anda tidak akan bisa tumbuh, sesederhana itu.

 

2 dari 4 halaman

2. Personal branding itu penting

Dalam banyak hal, Musk adalah merek yang lebih besar daripada perusahaan yang ia dirikan. Ini karena dia memahami pentingnya personal branding. Ketika Musk melakukan sesuatu, dia membawa merek pribadinya, dan karena itu dia dapat menguangkan modal hubungan masyarakatnya dimanapun dia berada.

Saat ini, personal branding penting bagi semua orang, mulai dari karyawan hingga pendiri. Dengan memasarkan diri Anda sebagai ahli di bidang pilihan Anda, Anda memastikan orang tahu, menyukai, dan mempercayai Anda sebelum mereka melihat produk atau layanan Anda.

 

3 dari 4 halaman

3. Jadilah berbeda

Elon Musk mengatakan apa yang dia pikirkan daripada pernyataan tertulis tim PR yang dibuat dengan hati-hati yang disampaikan oleh sebagian besar direktur perusahaan publik. Terkadang, ini mungkin membuatnya mendapat masalah, tetapi dalam ekonomi perhatian yang ramai, tidak diragukan lagi bahwa Musk menonjol.

Meskipun Anda mungkin tidak nyaman berada "di luar sana" seperti Musk, tentu ada pelajaran yang bisa dipetik. Sederhananya, melakukan hal-hal seperti yang dilakukan orang lain akan memberi Anda hasil yang didapat orang lain. Jika Anda ingin menjadi luar biasa, Anda harus berbeda.

Jika Anda ingin menonjol, Anda harus mengambil risiko membuat kesalahan. Jika Anda ingin dikenal, Anda akan tidak disukai oleh sebagian orang. Tetapi jika Anda dapat mengatasi rasa takut dihakimi, menjadi berbeda dapat memberikan dampak nyata pada pertumbuhan bisnis Anda.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: