Sukses

Inilah Perusahaan Asuransi Terbesar Dunia di 2021

Perlu diakui bahwa industri asuransi adalah salah satu tulang punggung ekonomi global.

Liputan6.com, Jakarta Memang bukan bergerak di bidang infrastruktur, tetapi perlu diakui bahwa industri asuransi adalah salah satu tulang punggung ekonomi global.

Asuransi menjadi penanggung yang melindungi bisnis dari kerugian bencana dan hal lain seperti properti hingga mobil dan biaya perawatan kesehatan untuk rumah tangga. 

Seiring dengan meningkatnya aktivitas bisnis dan nilai properti yang meningkat secara global, pasar asuransi juga terus berkembang.

Mengutip Forbes, Jumat (21/5/2021), pasar asuransi global bernasib baik pada tahun 2020, tahun yang ditandai dengan banyaknya korban jiwa dan gangguan ekonomi akibat pandemi. 

Namun, itu tidak lain karena pemerintah di seluruh dunia meningkatkan dan menawarkan bantuan kepada bisnis dan pemilik rumah dan memainkan peran penting dalam membiayai biaya pengujian, layanan kesehatan, dan vaksinasi selama pandemi.

Secara keseluruhan, industri ini sangat menguntungkan untuk tahun ini dan perusahaan asuransi naik peringkat di Forbes Global 2000 yang dirilis tahun 2021. 

Sepuluh perusahaan asuransi berada di antara 100 perusahaan teratas di Forbes Global 2000, yang memberi peringkat perusahaan publik terbesar di dunia, dengan delapan perusahaan tersebut naik peringkat dibandingkan tahun 2020.

Dari 2.000 perusahaan yang masuk dalam daftar, industri asuransi mewakili lebih dari 5 persen, dengan 113 total perusahaan asuransi memegang peringkat.

Pemeringkatan Forbes Global 2000 sendiri didasarkan pada skor gabungan dari ukuran pendapatan, laba, aset, dan nilai pasar yang sama-sama berbobot.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amerika Serikat dan China memimpin

Di antara 25 perusahaan asuransi terbesar di dunia, Amerika Serikat memimpin dengan enam perusahaan asuransi dan China di posisi kedua dengan empat perusahaan asuransi.

Inggris dan Jerman memiliki tiga perusahaan asuransi di 25 besar perusahaan asuransi, sementara Jepang, Hong Kong dan Swiss dan Taiwan masing-masing memiliki dua. 

Kanada, Prancis, Italia, dan Jerman menyusul dengan masing-masing mengklaim satu tempat. Daftar 2021 tersebut menampilkan perusahaan publik yang bersama-sama menghasilkan pendapatan USD 31,5 triliun, laba USD 1,7 triliun, aset USD 24,3 triliun, dan memiliki nilai pasar gabungan USD 27,2 triliun.

Grup Asuransi Ping An China menempati urutan pertama di antara perusahaan asuransi, naik satu tempat ke No. 6 dalam daftar tahun ini. 

Selama 12 bulan hingga 16 April, ketika data untuk Forbes Global 2000 terkunci, Ping An telah menghasilkan pendapatan sebesar USD 169 miliar, laba USD 20,7 miliar, dan kapitalisasi pasarnya mencapai USD 211 miliar. Perusahaan berbasis teknologi ini memiliki 218 juta pelanggan pada akhir tahun 2020, naik 9 persen dari awal tahun.

Peringkat kedua di antara perusahaan asuransi adalah UnitedHealth Group, yang berbasis di AS, yang naik tiga peringkat ke peringkat 21 secara keseluruhan. 

Nilai penjualannya membanggakan, yakni senilai USD 262 miliar dan keuntungan USD 16,8 miliar. Sahamnya telah meningkat 41 persen selama setahun terakhir dan sekarang diperdagangkan dengan nilai pasar USD 388 miliar.

Allianz asal Jerman berada di peringkat No. 24 dalam deretan Forbes Global 2000 secara keseluruhan, naik satu peringkat. 

Di antara 100 teratas, terdapat beberapa perusahaan asuransi termasuk China Life Insurance Co., No. 49, Axa SA Prancis, No. 54, AIA Group yang berbasis di Hong Kong, No. 55, Metlife No. 62 yang berbasis di New York, Grup Asuransi Zurich, No. 75, Japan Post Holdings No. 87 dan Manulife yang berbasis di Kanada dan menempati peringkat No. 93.

3 dari 3 halaman

Tetap ada risiko besar dalam industri

Perekonomian global meski meningkat dalam aktivitas yang dapat diasuransikan, juga membawa risiko besar dari kejadian tak terduga seperti penghentian bisnis yang disebabkan oleh pandemi. Dalam industri yang tenang ini, ada juga gangguan besar yang dihadapi perusahaan-perusahaan terbesar di dunia.

Perubahan iklim, misalnya, adalah peningkatan risiko yang harus dipertanggungjawabkan oleh semua asuransi properti dan korban. 

Sebuah studi baru-baru ini dari konsultan McKinsey memperkirakan bahaya akibat iklim dapat meningkat dari sekitar 2 persen dari PDB global saat ini menjadi lebih dari 4 persen dari PDB global pada tahun 2020, berlipat ganda dalam waktu kurang dari tiga dekade.

Karena Tesla, General Motors, Intel, dan sejumlah perusahaan rintisan yang diperdagangkan secara publik terus berinvestasi dalam teknologi mobil swakemudi, potensi konsekuensi untuk industri asuransi mobil sangat besar. Perusahaan asuransi mobil seperti Allstate, No. 151 pada Forbes Global 2000, secara proaktif meneliti mobil tanpa pengemudi dan bagaimana pengaruhnya terhadap lanskap dalam beberapa dekade mendatang.

Penanggung asuransi juga mungkin menghadapi klaim yang lebih besar yang berasal dari pandemi di masa depan.

Diperkirakan kerugian akibat gangguan bisnis dari Covid-19 akan menghasilkan lebih dari USD 100 miliar klaim yang dapat diasuransikan namun kerugian tersebut belum membuahkan hasil. 

Akan tetapi, bisnis kemungkinan akan meminta kepastian lebih dalam liputan mereka atas gangguan ekonomi tak terduga yang dipicu pandemi. 

Latar belakang makro ekonomi juga menjadi tantangan. Era suku bunga rendah telah mengurangi profitabilitas portofolio pendapatan tetap perusahaan asuransi, menyebabkan pendapatan investasi yang stagnan dan restrukturisasi besar-besaran dari para pemimpin industri.

Untuk mengelola portofolio investasi di dunia dengan tingkat rendah, manajer aset alternatif yang besar telah memasuki pasar dengan membangun bisnis yang sangat besar. 

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ekuitas swasta seperti Apollo, Blackstone, KKR dan Brookfield telah memasuki pasar asuransi, bertujuan untuk mengelola apa yang bisa menjadi triliun dolar dalam aset asuransi, memindahkan portofolio dari obligasi pemerintah dan korporasi ke kredit dan pinjaman terstruktur yang lebih kompleks.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.