Sukses

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 Segera Dibuka, Simak Tata Caranya

BKN telah membuka portal pendaftaran sekolah kedinasan 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka portal pendaftaran sekolah kedinasan 2021, yang beralamat di situs dikdin.bkn.go.id. Meski demikian, BKN baru mempersiapkan portal pendaftaran tersebut, namun belum membuka sesi pendaftaran.

Namun begitu, calon peserta sudah bisa mempelajari tata cara pendaftaran sekolah kedinasan 2021. Mengutip informasi akun Instagram @bkngoidofficial, Senin (5/4/2021), calon peserta bisa mengakses portal sscasn.bkn.go.id. lalu klik opsi Dikdin dan pilih menu registrasi/daftar.

Selanjutnya, pendaftar bisa klik menu Registrasi di pojok kanan atas. Lengkapi form pendaftaran akun SSCASN DIKDIN, dan klik lanjutkan.

Berikutnya, lengkapi data diri seperti alamat sesuai identitas, email, termasuk menyertakan foto berlatar belakang merah. Kemudian portal akan minta kepastian apakah data diri yang terisi tepat, dan jika sudah yakin klik proses pendaftaran akun.

Calon peserta kemudian diminta mencetak Kartu Informasi Akun untuk sekolah kedinasan 2021. Jika sudah, balik kembali ke laman sscasn.bkn.go.id, kemudian login dengan NIK dan password yang sudah ditentukan.

Langkah selanjutnya, harap unggah swafoto dengan KTP dan kartu informasi akun yang telah dicetak. Setelah itu, pilih sekolah dan jenis formasi, kemudian lengkapi data yang diperlukan lainnya. Semisal jenis pendidikan, Nomor Induk Siswa Nasional, serta Nomor Ijazah. Silakan nilai rata-rata ijazah di kolom terlampir.

Pengisian data diri belum selesai. Calon peserta sekolah kedinasan juga diminta menuliskan form Pengisian Biodata. Setelah semua terisi, calon peserta diminta untuk mengunggah dokumen seperti pembayaran, ijazah, KTP, hingga surat pernyataan.

Calon peserta juga kembali mendata dengan melakukan ceklis data diri di Resume Pendaftaran. Jika sudah, akhiri proses jika data sudah benar.

Jika sudah menyelesaikan proses, Kartu Pendaftaran Akun Sekolah Kedinasan 2021 itu akan jadi tanda bukti saat melakukan ujian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera Dibuka, Ini Link Daftar Sekolah Kedinasan 2021 dan Dokumen Persyaratan

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka portal pendaftaran sekolah kedinasan 2021, yang beralamat di situs dikdin.bkn.go.id. Seleksi Sekolah Kedinasan merupakan bagian dari rekrutmen CASN 2021. Selain itu adapula seleksi CPNS dan PPPK.

Meski demikian, BKN baru mempersiapkan portal pendaftaran tersebut, namun belum membuka sesi pendaftaran sekolah kedinasan 2021.

"Nah, be ready ya untuk kalian yang akan mendaftar sekolah kedinasan. Portal dikdin.bkn.go.id sudah dibuka, tapi belum untuk diakses sebagai kanal registrasi lho ya," tulis akun Instagram resmi @bkngoidofficial, dikutip Senin (5/4/2021).

Adapun saat memilih opsi Daftar di portal tersebut, server belum bisa memprosesnya, di mana laman bersangkutan saat ini masih dalam proses perbaikan (under construction).

Namun begitu, pengunjung dapat menyimak tata cara pendaftaran sekolah kedinasan 2021 pada sebuah video yang tersedia di laman dikdin.bkn.go.id.

Selain itu, calon pelamar bisa mencermati apa saja berkas yang harus disiapkan sebelum daftar sekolah kedinasan.

Berikut data yang harus dipersiapkan untuk daftar sekolah kedinasan 2021:

- Foto berlatar merah

- KTP (bagi yang belum memiliki KTP bisa diganti dengan keterangan dari Dukcapil)

- Kartu Keluarga (KK)

- Ijazah/Surat Keterangan Lulus

3 dari 3 halaman

Tata Cara Pendaftaran

Berikut tata cara melamar Sekolah Kedinasan 2021:

1.Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat:https://sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian.

Pelamar hanya dapat melamar di 1 Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masingmasing sekolah kedinasan

5. Pelamar memasukkan Nilai

6. Pelamar melengkapi Biodata

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih. 

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.