Sukses

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Tengok 20 Universitas Paling Mahal di Dunia

Ada harga ada kualitas, sebagian besar universitas terbaik dunia merupakan universitas dengan biaya paling mahal.

Liputan6.com, Jakarta Berhasil untuk belajar di universitas terbaik di dunia mungkin jadi impian hampir semua orang. Sayangnya, hambatan terbesar untuk bisa melanjutkan pendidikan hingga universitas impian sering kali tidak hanya terhambat oleh kompetisi yang ketat saat seleksi penerimaan, namun juga biaya perkuliahannya yang super mahal. 
 
Dikutip dari Wealthy Gorilla, Jumat, (26/3/2021), situs yang aktif melakukan pemeringkatan kekayaan ini melakukan riset terhadap sejumlah universitas dengan biaya paling mahal di dunia. Temuannya, dari 20 daftar kampus paling mahal, sebagian besar adalah kampus di Amerila Serikat (AS) dan sebagian lagi di Eropa dan Australia.
Sekalipun biayanya sangat mahal, sebagian besar dari kampus yang ada di daftar ini memiliki reputasi cemerlang bahkan masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia. Kampus mana saja? Berikut daftarnya:
 
20. University College London (UCL), Inggris
 
UCL merupakan salah satu dari daftar universitas terbaik di Inggris raya. Universitas yang sudah berdiri sejak 1826 ini memiliki 41 ribu lebih mahasiswa dan 15 ribu lebih staf dan pengajar.
 
Sebagai salah satu universitas paling prestius dengan segudang jurusan favorit, tidak heran kalau biaya kuliahnya juga tebilang mahal. Butuh USD 25.000 atau sekitar Rp 360 juta untuk berkuliah di tempat ini.
 
 
19. University of Melbourne, Australia
 
University of Melbourne menjadi universitas tertua kedua di Australia, didirikan pada tahun 1853. Kampus utamanya di Parkville, Melbourne, yang merupakan salah satu kota terbesar di Australia.
 
Universitas ini merupakan universitas negeri dengan kualitas riset yang terkenal sebagai salah satu yang terbaik di negeri kangguru itu. Jika tertarik, anda perlu merogoh kocek USD 30.000 untuk biaya pendidikan pertahun, atau sekitar Rp 432 juta.
 
 
18. University of Cambridge, Inggris
 
Didirikan pada 1209 dan dianugerahi Piagam Kerajaan oleh Raja Henry III pada 1231, University of Cambridge merupakan universitas tertua keempat di dunia yang masih ada sampai sekarang.
 
Predikatnya bukan hanya sebagai salah satu universitas terbaik di Inggris tapi juga di dunia, sehingga tidak heran kalau anda perlu menghabiskan USD 40.000 atau sekitar Rp 576 juta untuk berkuliah di kampus ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

17. Harvard University, AS

 
Hampir semua orang pasti sudah tahu kampus ini. Sebagai salah satu universitas paling tua di AS, Harvard juga adalah salah satu kampus terbaik di dunia yang selalu masuk dalam jajaran 3 besar universitas terbaik di dunia. 
 
Harvard merupakan universitas swasta yang juga salah satu dari anggota Ivy League, grup yang berisi daftar universitas terbaik di AS. Dengan reputasinya sebagai kampus terbaik di dunia, anda memerlukan biaya USD 47.074 atau sekitar Rp 677 juta untuk berkuliah di sini. 
 
 
16. Imperial College London (ICL), Inggris
 
Berbasis di London, ICL terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di dunia untuk jurusan kedokteran, jurusan STEM (sains, teknologi, teknik dan matematika), juga jurusan FAME (keuangan, akuntansi, manajemen dan ekonomi). 
 
Sebagai salah satu universitas paling prestisius di Inggris, anda perlu biaya USD 50.000 atau sekitar Rp 720 juta untuk belajar di ICL.
 
 
15. Stanford University, AS
 
Sebagai salah satu pesaing utama Harvard, Stanford juga selalu berada di dalam daftar 3 besar universitas terbaik dunia dari tahun ke tahun. Tidak heran jika penyanyi Maudi Ayunda menjatuhkan pilihanya pada Stanford untuk melanjutkan S2nya. 
 
Bukan hanya memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia, lokasi Stanford juga dekat dengan Silicon Valley, kawasan pengembangan teknologi terbaik dunia. Stanford juga merupakan universitas swasta, sehingga biaya kuliahnya juga mahal, USD 51.000 atau sekitar Rp 734 juta.
 
 
14. California Institute of Technology (Caltech), AS
 
Caltech terkenal sebagai salah satu kampus swasta berbasis riset yang menjadi tujuan pendidikan doktor terbaik di dunia, khususnya untuk jurusan sains dan teknik. Lokasinya berada di Pasadena, wilayah timur Los Angeles, California. 
 
Sebagai salah satu universitas terbaik di wilayah California, anda perlu biaya USD 55.000 atau sekitar Rp 792 juta.
 
3 dari 5 halaman

13. Duke University, AS

Bersama dengan Harvard dan Yale, Duke University menjadi salah satu kampus dengan kualitas lulusan terbaik di AS. Universitas ini sudah didirkam sejak 1838 di kota Trinity, namun pindah ke kota Durham pada tahun 1892.
 
Sebagai salah satu kampus paling prestisius di AS, anda perlu mengeluarkan biaya USD 55.960 atau sekitar Rp 805 juta untuk belajar di sini.
 
 
12. University of Southern California (USC), AS
 
USC merupakan kampus swasta tertua di California, juga salah satu yang terbaik di AS. Pada tahun 2019, dengan 67 ribu pendaftar untuk jenjang sarjana, hanya 11 persen yang berhasil diterima.
 
Dengan kualitas pendidikan dan tingkat persaingannya yang tinggi, tidak heran kalau membutuhkan biaya besar sekitar USD 56.225 atau sekitar Rp 809 juta untuk bisa kuliah di USC. 
 
 
11. Franklin and Marshall College, AS
 
Kampus ini merupakan salah satu yang tertua di AS, didirikan pada 1787. Franklin and Marshall College memfokuskan pada jurusan seni liberal dan berlokasi di kota Lancester, Pennsylvania. 
 
Jika berminat bersekolah di sini, perlu biaya sekitar USD 56.550 atau sekitar Rp 814 juta. Karena mahal, kabarnya sekitar 55 persen mahasiswanya berkuliah dengan mendapat beasiswa.
 
 
10. Landmark College, AS
 
Berbeda dari kebanyakan kampus mahal di AS, Landmark College dikhususkan untuk mahasiswa dengan gangguan mental, kesulitan belajar atau yang berkebutuhan khusus. Kampus ini menawarkan program sarjana juga diploma di berbagai bidang.
 
Uniknya, mahasiswa juga bisa mengajukan pembelajaran online jika membutuhkan. Untuk berkuliah di sini, butuh biaya USD 56.800 atau sekitar Rp 818 juta.
 
4 dari 5 halaman

9. Trinity College, AS

Kampus ini didirikan pada tahun 1823, dan menjadi salah satu universitas jurusan seni liberal paling tua di AS. Lokasinya di Hartford, Connecticut, dan awalnya merupakan bagian dari Yale University.
 
Untuk melanjutkan pendidikan di Trinity College ini, anda perlu merogoh kocek USD 56.910 atau sekitar Rp 819,5 juta.
 
 
8. Vassar College, AS
 
Vassar merupakan salah satu universitas untuk pendidikan seni liberal terbaik di AS. Kampus ini merupakan anggota dari Seven Sister, gabungan tujuh universitas paling prestisius yang dulu hanya menerima pelajar perempuan.
 
Namun jangan khawatir, kini Vassar juga sudah menerima pelajar lali-laki. Untuk berkuliah di kampus ini, butuh biaya USD 56.960 atau sekitar Rp 820,2 juta
 
 
7. University of Chicago, AS
 
Universitas ini adalah salah satu universitas favorit di AS dan memiliki sejumlah alumni yang sudah menyabet penghargaan Nobel. Kampus ini juga terkenal sangat berpengaruh sejak dulu karena didirikan oleh salah satu orang paling kaya dalam sejarah Amerika Serikat, John D. Rockefeller
 
Kampus ini berlokasi di Chicago, yang juga merupakan salah satu kota terbesar dan pusat bisnis di AS. Untuk berkuliah di sini, anda perlu biaya USD 57.000 atau sekitar Rp 820,8 juta
 
 
6. ETH Zurich, Swiss
 
ETH Zurich merupakan salah satu universitas terbaik di dunia di luar daftar universitas-universitas asal AS. Kampus ini terkenal dengan kualitas pendidikan terbaik untuk jurusan STEM.
 
Menurut QS World Ranking, ETH Zurich berada di peringkat ke-7 kampus terbaik di dunia. Untuk berkuliah di sini, anda membutuhkan biaya USD 60.000 atau sekitar Rp 864 juta.
5 dari 5 halaman

5. University of Oxford, Inggris

Oxford merupakan salah satu dari universitas tertua yang masih beroperasi sampai sekarang dan menjadi yang terbaik di Inggris Raya. Seperti halnya Cambridge, Oxford terkenal sebagai salah satu kampus dengan kualitas lulusannya yang terbaik di dunia.
 
Pada tahun 2019, Oxford berada di peringkat ke-5 di dunia sebagai kampus terbaik menurut QS World Ranking. Untuk belajar di sini, butuh biaya USD 62.000 atau sekitar Rp 892 juta.
 
 
4. Massachusetts Institute of Technology (MIT), AS
 
MIT merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang selalu masuk dalam tiga besar kampus terbaik bersama Harvard dan Stanford versi QS World Ranking. MIT terkenal sebagai kampus dengan jurusan aplikasi sains dan teknik terbaik di dunia.
 
Ada sekitar 93 penerima Nobel dan 26 pemenang Touring Award yang diafiliasikam dengan MIT. Tidak heran kalau butuh biaya mahal berkuliah di sini, biayanya USD 65.500 atau sekitar Rp 943 juta. 
 
 
3. New York University (NYU), AS
 
NYU terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di AS, dan menjadi salah satu universitas pertama di AS yang menerima mahasiswa berdasarakn kualitas akademiknya bukan berdasarakan koneksi sosialnya.
 
NYU juga terkenal sebagai kampus paling multinasional, yang memiliki banyak kampus cabang di berbagai benua. Untuk berkuliah di sini, butuh biaya USD 65.860 atau sekitar Rp 948 juta.
 
 
2. Columbia University, AS
 
Columbia University merupakan salah satu universitas terbaik di AS. Kampus ini merupakan lembaga pendidikan swasta yang berdiri di tengah kota New York, serta menjadi bagian dari Ivy League, kelompok universitas paling prestisius di AS bersama Harvard.
 
Columbia juga punya tingkat seleksi penerimaan yang sangat ketat, hanya 5,5 persen dari pendaftar yang diterima. Tidak heran biaya kuliahnya juga mahal, sekitar USD 66.383 atau sekitar Rp 955 juta.
 
 
1. Harvey Mudd College, AS
 
Kampus yang berbasis di California ini menjadi yang paling mahal di dunia. Meski begitu, kampus ini juga terkenal dengan kualitas pendidikannya di bidang STEM sebagai salah satu yang terbaik di AS. U.S. News menobatkannya sebagai yang terbaik di AS untuk jurusan teknik di program sarjana. 
 
Kampus ini juga menjadi kampus kedua di dunia yang paling banyak menghasilkan PhD di bidang STEM. Untuk belajar di sini butuh biaya USD 67.225 atau sekitar Rp 968 juta.
 
 
Reporter: Abdul Azis Said
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini