Sukses

Bisa Ditiru! Beragam Jurus Efektif Atasi Rasa Lelah Bekerja

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan yang sedang dijalani saat ini mungkin membuat Anda sangat nyaman dan bahagia. Namun ada saatnya dimana pekerjaan yang diterima sangat banya bahkan terlalu banyak untuk dikerjakan dengan waktu yang sempit.

Hal itu akan memicu munculnya kelelahan di tempat kerja bahkan stres. Ini adalah hal yang wajar dialami para pekerja. Tetapi, jika tidak diatasi dan diselesaikan akan berdampak buruk pada kinerja Anda dan bahkan kesehatan mental.

Meskipun Anda tidak dapat meninggalkan pekerjaan itu, berikut beberapa cara untuk mengatasi kelelahan di tempat kerja yang dilansir dari laman The balance careers.

1. Berlibur

Bicaralah dengan manajer sesegera mungkin dan istirahatlah. Bukan istirahat lima menit, dan bukan beberapa hari di rumah. Pada dasarnya, Anda membutuhkan liburan.

Jelaskan kepada atasan mengapa butuh waktu untuk istirahat. Bersikaplah rasional ketika menjelaskan semua alasan tersebut agar pantas mendapatkan istirahat, dan Anda harus dapat meyakinkan untuk menjadi karyawan yang lebih baik ketika kembali.

2. Jauhkan Alkohol dan Kafein

Banyak orang mengatasi stres dan ketegangan kehidupan kerja yang sibuk dengan membuka botol atau minum kopi, minuman energi, rokok, atau bahkan makanan.

Meskipun ini terkadang dapat menenangkan dalam jumlah sedang, Anda dapat dengan cepat menjadi bergantung padanya, terutama jika menggunakannya untuk mengatasi stres. Ketergantungan ini akan mengarah pada kecanduan yang tidak baik.

Meskipun sesuatu yang sederhana seperti kopi tampaknya tidak berbahaya, hal itu dapat merampas waktu tidur yang sangat dibutuhkan.

Tidak ada rahasia tentang bahaya alkohol dan tembakau, dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan terkait.

 

2 dari 4 halaman

3. Berbicara dari Hati ke Hati dengan Orang Dekat

Cara lain untuk meredakan sedikit tekanan adalah dengan berbagi masalah, pemikiran, dan kekhawatiran dengan seseorang yang benar-benar peduli dengan kesejahteraan Anda. Bisa saja pasangan, sahabat, tetangga, atau rekan kerja tepercaya.

Orang yang Anda ajak bicara tidak harus berada di industri yang sama atau memahami dengan tepat apa yang Anda lakukan.

Mereka hanya perlu menjadi bahu untuk menangis, yang seringkali merupakan satu-satunya yang dibutuhkan untuk melepaskan sebagian dari frustrasi dan keputusasaan yang memendam itu.

4. Temukan Cara untuk Membuat Pekerjaan Lebih Menyenangkan

Dalam periklanan dan desain, proyek yang menarik dapat mengurangi beberapa masalah yang datang dengan jadwal yang terlalu padat. Anda memang sibuk, tapi bersenang-senang, itu bukan masalah.

Saat membakar lilin di kedua ujung proyek yang tidak melakukan apa pun untuk menginspirasi, saat itulah kelelahan benar-benar dapat terjadi. Jika ini terjadi, temukan cara untuk membuat pekerjaan yang Anda kerjakan menjadi lebih menyenangkan.

 

3 dari 4 halaman

5. Banyak Tidur, Olahraga, dan Makan dengan Baik

Sudah jelas bahwa ketika kita stres, kita mencari cara untuk menenangkan dan menghibur. Bagi banyak dari kita, itu melibatkan makan makanan yang menenangkan, minum alkohol, dan pingsan di sofa untuk menonton TV secara berlebihan.

Namun, aktivitas tersebut jarang dapat menyembuhkan kelelahan dan bahkan dapat membuat merasa lebih buruk.

Buatlah rencana untuk berolahraga lebih banyak dan makan makanan yang lebih sehat. Tidurlah dengan jam yang benar dan cukup selama delapan jam yang nyenyak setiap malam.

Lakukan dengan rutin beberapa minggu atau bulan, dan Anda akan merasa siap untuk menghadapi dunia dengan lebih semangat.

6. Berhenti dari Pekerjaan

Sebagai upaya terakhir, jika stres terlalu berat, Anda mungkin harus berhenti. Bagi sebagian orang, ini adalah pilihan antara berhenti dan menemukan cara yang lebih masuk akal untuk mencari nafkah, atau bertahan sampai titik kehancuran.

Dalam hal ini, tidak ada pilihan sama sekali. Anda tidak bisa menjadi sakit mental dan fisik sehingga akhirnya menjadi tidak berdaya. Jadi, temukan cara untuk berhenti.

Idealnya, Anda ingin memiliki sumber penghasilan lain yang siap sebelum meninggalkan pekerjaan, dan memiliki cukup jarak antara berhenti dari pekerjaan lama dan memulai pekerjaan baru untuk menyegarkan diri. Tetapi jika itu berhenti atau mempertaruhkan kewarasan, maka berhentilah.

Anda akan menemukan cara lain untuk mencari nafkah, baik itu freelancing atau menemukan jalur karier baru. Faktanya, beberapa orang berhenti untuk memulai pekerjaan yang sama sekali berbeda, dan menjadi bahagia serta bebas stres.

Kelelahan itu serius dan pengaruhnya terhadap kesehatan mental, emosional, dan fisik Anda tidak boleh diremehkan. Lakukan apa pun yang bisa untuk bersantai dan menyegarkan diri, dan temukan cara untuk menjaga keseimbangan kerja dan hidup yang baik.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini