Sukses

Indonesia Perpanjang Kerjasama dengan Inggris Tingkatkan Kualitas Akuntan

ICAEW dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) telah menandatangani perpanjangan nota kesepakatan (MoU)

Liputan6.com, Jakarta - ICAEW (the Institute of Chartered Accountants in England and Wales) dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) telah menandatangani perpanjangan nota kesepakatan (MoU), demi komitmen bersama untuk mendorong profesi akuntan di Indonesia.

Perpanjangan MoU ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan meningkatkan standar profesi antara kedua institusi. ICAEW juga telah berkomitmen untuk memberikan peluang dan dukungan kepada anggota IAPI di Indonesia sepanjang karir mereka di bidang akuntansi, bisnis, dan finansial.

Lebih lanjut, perpanjangan nota kesepakatan ini juga kembali menegaskan visi ICAEW dan IAPI untuk meningkatkan kualitas pendidikan akuntansi publik di Indonesia.

David Matthews, ICAEW President, dan Tarkosunaryo, Ketua IAPI, menandatangani perpanjangan nota kesepakatan tersebut dalam seremoni virtual yang disaksikan oleh perwakilan dari kedua institusi.

David Matthews, ICAEW President, mengatakan, kedua institusi telah menjalin hubungan kerjasama yang erat sejak perjanjian pertama kami ditandatangani pada tahun 2015.  Perpanjangan perjanjian baru ini berfungsi untuk memperkuat dukungan kami bagi profesi akuntansi di seluruh Indonesia.

"Kami akan berbagi pengetahuan, wawasan, dan pengalaman anggota kami dalam mengatasi tantangan dan membantu meningkatkan ekonomi global. IAPI dan ICAEW juga mengadakan diskusi panel bersama dengan judul “Improving audit quality and culture during COVID-19 and beyond," katanya, Senin (15/2/2021).

Matthews melanjutkan, saat ini pentingnya membangun kultur audit demi menjaga kepercayaan kepada profesi akuntan selama pandemi dan proses pemulihannya. Namun demikian, kata dia, akuntan dihadapkan pada tantangan audit umum yang dihadapi di Indonesia dan Inggris selama pandemi. Termasuk masalah dalam memperoleh bukti yang cukup, risiko yang terkait dengan teknologi, dan kemungkinan penipuan karena tekanan keuangan dalam bisnis.

Dalam kesempatan ini, Matthews berbagi temuan dari Inggris tentang kualitas audit, termasuk kesimpulan utama tentang apa yang dapat dilakukan auditor untuk meningkatkan budaya audit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Baik Kementerian Keuangan

Sementara itu, Firmansyah N. Nazaroedin, Kepala Komite Profesi Akuntan Publik, Kementerian keuangan Republik Indonesia, mengatakan, pihaknya mengucapkan selamat kepada IAPI dan ICAEW atas kolaborasi berkelanjutan yang telah mereka bina selama ini. Hal ini akan mendukung perkembangan profesionalitas dan kapasitas intelektual akuntan publik di negeri ini.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada IAPI dan ICAEW yang telah berhasil menyelenggarakan diskusi panel bersama yang penuh dengan wawasan.Bersama-sama kita dapat mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 dan membangun profesi akuntansi guna membantu pemulihan ekonomi di Indonesia,” ucapnya

Tarkosunaryo selaku Ketua IAPI, juga mengatakan, selama masa-masa sulit ini, kolaborasi antara anggota organisasi akuntansi menjadi semakin penting. Dia percaya, kerjasama ini akan menguntungkan kedua institusi dan seluruh anggotanya.

"Atas nama IAPI, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada ICAEW dan semua anggotanya atas dukungan dan kerjasamanya. Kami berharap kemitraan ini dapat memperkuat kemungkinan kerjasama dalam tata kelola perusahaan, etika profesional, pengembangan profesional berkelanjutan, pelatihan konten profesional, kontrol kualitas, pendidikan, dan pemeriksaan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.