Sukses

Daftar 6 Menteri Jokowi yang Jadi Penyintas Covid-19, Siapa Saja?

Tercatat ada 5 menteri (termasuk eks menteri) era kepemimpinan Presiden Jokowi yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19, menjalani perawatan, sembuh dan menjadi penyintas Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona atau Covid-19 dapat menyerang siapa pun, kapan pun, dimana pun, termasuk pejabat negara yang tengah menjalankan tugas menangani wabah di tanah air.

Semakin hari, semakin banyak jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19, demikian pula dengan jumlah pejabat yang terkonfirmasi positif dan harus menjalani perawatan.

Salah satu yang sempat menghebohkan saat itu ialah ketika Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi menteri pertama yang terpapar Covid-19 di awal masa pandemi.

Hingga hari ini, tercatat ada 5 menteri (termasuk eks menteri) era kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19, menjalani perawatan, sembuh dan menjadi penyintas Covid-19. Berikut rangkuman tokoh-tokoh pejabat tersebut, ditulis Liputan6.com, Rabu (20/1/2021):

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Berbeda dengan 4 menteri lainnya, kabar terpaparnya Airlangga tidak diketahui melalui pengumuman resmi atau konfirmasi langsung, melainkan diketahui saat ia mendonorkan plasma konvalesen, Senin (18/1/2021).

Pemerintah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) mencanangkan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen dengan ditandai donor plasma konvalesen dari pejabat penyintas Covid-19 kepada pars pasien. Pada acara tersebut, Airlangga menjadi orang pertama yang mendonasikan plasma konvalesennya.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, belum pernah ada pemberitahuan resmi terkait hal ini.

"Kami tidak tahu juga kalau positif. Kalau saya dan jajaran Setpres tidak tahu, tidak ada pemberitahuan resmi," kata Heru saat dihubungi wartawan, Selasa (19/1/2021).

2. Eks Menteri KKP Edhy Prabowo

Ketika masih menjabat sebagai Menteri KKP, Edhy Prabowo pernah terpapar Covid-19.

Kabar positifnya Edhy diungkapkan oleh langsung Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Namun, kondisi Edhy tidak dipaparkan secara terbuka kepada publik.

Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar tanggal 3 September 2020. Pada pertengahan September, Edhy dinyatakan sembuh.

3. Eks Menteri Agama Fachrul Razi

Eks Menteri Agama Fachrul Razi juga pernah terkonfirmasi positif Covid-19. Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal, mengatakan kondisi Fachrul dalam keadaan baik ketika itu.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif," kata Kevin saat dikonfirmasi, Senin (21/9/2020) lalu.

Meski dinyatakan positif Covid-19, Kevin menegaskan, kondisi Fachrul Razi dalam keadaan baik dan tanpa gejala yang mengkhawatirkan.

Pada akhir September, Fachrul dinyatakan sembuh dari Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi Menteri pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Menhub mengumumkan statusnya pada 13 Maret, dilanjutkan dengan pengumuman dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada 14 Maret 2020.

Menhuh Budi dinyatakan sembuh pada pertengahan April 2020 setelah dirawat selama 17 hari di RSPAD Gatot Soebroto.

5. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah juga pernah terpapar virus corona (Covid-19). Kabar positifnya Ida mencuat pada 3 Desember lalu.

"Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19," kata Ida kepada Liputan6.com, Kamis (3/12/2020) lalu.

Meski terpapar Covid-19, Ida memastikan dirinya dalam kondisi sehat. Saat terpapar, dirinya menjalani isolasi untuk mencegah penularan Covid-19 semakin meluas.

6. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Sandiaga Uno juga pernah terkonfirmasi positif Covid-19 sebelum diangkat Jokowi jadi Menparekraf. Sebelumnya, istri Sandiaga, Nur Asia Uno telah lebih dulu terkonfirmasi terinfeksi virus Corona.

"Setelah melakukan swab test pada hari ini di kediaman saya, sebagai tindak lanjut hasil positif Covid-19 Nur Asia kemarin, ternyata hasilnya menunjukkan saya juga positif Covid-19," kata Sandiaga dalam keterangannya, Jakarta, Senin (7/12/2020) lalu. 

Sandiaga sendiri tidak mengalami gejala apapun secara fisik alias OTG saat terpapar. Dia pun merasa sehat, demikian pula istrinya. Pada akhir Desember, Sandi dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.