Sukses

BERANI BERUBAH: Mantan Manajer Hotel Hempaskan Gengsi demi Rezeki

Liputan6.com, Jakarta- Alfa Farhani tahu dirinya memiliki satu misi di masa pandemi ini, yakni tetap tegar demi kelangsungan hidup keluarganya. Sebagai kepala keluarga, dia tak bisa putus asa meski keadaan sulit menjalankan usahanya.

Dulu Alfa adalah seorang manager hotel bintang empat di daerah Semarang, dan sudah menjadi praktisi hotel selama kurang lebih 20 tahun.

Pada Desember 2019, dia memutuskan keluar dari industri itu untuk mendirikan usaha sebagai konsultan yang membidangi bisnis perhotelan dan F&B (Food and Beverage).

Siapa sangka, pandemi Covid-19 tiba-tiba saja terjadi, dan Alfa harus tertatih-tatih dengan rencana bisnis konsultannya ini. Bagaimana tidak, usaha apapun di bidang pariwisata jadi lumpuh karena virus ini. Meski begitu, dia tetap seorang sosok ayah yang tangguh di mata keluarganya.

Dengan istri yang selalu siap membantu, Alfa mulai fokus melakukan berbagai usaha. Di harus Berani Berubah.

“Saat ini saya menjalani usaha pencucian kendaraan di rumah, dan juga penjualan barang-barang sanitasi dan kebersihan yang banyak dibutuhkan oleh rumah tangga dan industri,” ungkap Alfa kepada Tim Berani Berubah.

“Kita melakukan usaha langsung dari rumah. Akan tetapi, untuk penjualan produk-produk sanitasi dan kebersihan kita juga melakukan pengantaran. Untuk pencucian kendaraan bermotor, itu bisa dilakukan di tempat yang memesan,” lanjut dia. 

Alfa tak kehilangan kepercayaan diri dan semangatnya meski sekarang harus bekerja cukup serabutan. Yang penting, keluarganya tetap makan. Dia rajin menerima permintaan cuci kendaraan, dan melakukannya dengan senyum lebar tersungging di wajah. Dia pun tak pusing bila ada yang membicarakan profesinya sekarang. 

Buatnya, pekerjaan yang halal dan bisa menghidupi keluarganya adalah pekerjaan yang mulia untuk dijalani.

“Karena saya yakin apa yang saya lakukan ini baik untuk diri saya dan juga untuk keluarga,” tutur dia.

 

2 dari 3 halaman

Buang Gengsi Demi Bertahan Hidup

Satu hal yang selalu Alfa junjung tinggi dalam masa pandemi ini adalah tekad untuk tidak menyerah. Gengsi pun tak perlu dipelihara, justru harus dibuang jauh-jauh. Dia tak merasa malu meski sekarang harus bekerja seperti ini.

“Hikmahnya, dalam saya menjalani saat ini, menjadikan diri saya lebih sabar untuk bisa menjalani kehidupan dengan hal yang di luar dari kebiasaan saya sebelumnya,” kata dia. 

“Kebetulan saya menjalaninya dengan semangat dan ikhlas. Karena saya yakin apa yang saya lakukan ini baik untuk diri saya dan juga untuk keluarga,” sambung Alfa.

Untuk penjualan produk sanitasi pun, Alfa banyak mencari cara agar produknya laku. Dia rajin mempromosikan barang dagangannya dan melakukan pengantaran.

"Kita melakukan marketing penjualan secara offline dan online, melalui marketplace dan juga komunitas-komunitas yang kita ketahui. Pengantaran barang sudah kita lakukan sampai dengan Tangerang Selatan, sampai dengan Bogor, dan juga Cikarang. Jabodetabek,” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah Alfa maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTVIndosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: