Sukses

Antrean Tes Rapid Antigen di Bandara Soekarno-Hatta Sudah Terurai

Terdapat petugas yang bersiaga untuk mengangkut calon penumpang yang hendak melakukan rapid test antigen ke area Health Center Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Sempat terjadi antrian, suasana pos kesehatan untuk tes rapid antigen dan PCR tes, sudah terurai di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta).

Pantauan di lokasi, pada Selasa (22/12/2020), sudah tidak terlihat antrean panjang. Terdapat petugas yang bersiaga untuk mengangkut calon penumpang yang hendak melakukan rapid test antigen ke area Health Center Terminal 3.

Untuk di Terminal 3, ketika penumpang datang, maka akan diarahkan menunggu antrian administrasi. Nanti, petugas akan memanggil sesuai dengan nomor urut.

"Iya tadi sempat panjang antrian, trus ada pengumuman diangkut oleh bis, dipindah ke tempat lain, nanti diatar lagi ke sini, jadi terutai," tutur Herman, salah seorang penumpang di Terminal 3 Bandara Soetta, Selasa (22/12/2020).

Direktur Operasional PT Angkasa Pura II, Muhamad Wasid mengatakan, pihaknya telah mengatur skema untuk mengurai antrean calon penumpang yang melakukan rapid test antigen. Hal itu dilakukan untuk mengurai antrean dan mencegah terjadinya kerumunan, serta penumpukan di lokasi layanan kesehatan tersebut.

"Beberapa waktu lalu, sempat terjadi kerumunan dan antrean yang panjang di layanan kesehatan untuk mendapatkan surat bebas COVID-19 itu, jadi saat ini kita lakukan mobilisasi calon penumpang untuk dipindahkan ke lokasi Health Center Terminal 3," kata Wasid saat ditemui di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Adapun mobilisasi tersebut yakni calon penumpang yang masih memiliki jadwal penerbangan lebih dari dua jam akan diminta untuk pindah ke Health Center Terminal 3.

"Kita sediakan armada seperti bus untuk mengangkut calon penumpang ke Terminal 3," ujar Wasid.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menambah Lokasi Health Center

Wasid mengungkapkan, selain mobilisasi, pihaknya juga menambah lokasi Health Center. Bahkan, pihaknya pun menambah Health Center di area parkir Terminal 1.

"Totalnya ada sembilan lokasi layanan kesehatan Rapid Antigen dan Swab Test atau PCR," ungkap Wasid.

Untuk lokasi tambahan fasilitas Rapid Antigen dan Swab Test PCR di Bandara Soetta, yakni di Airport Health Center di Terminal 2, Airport Health Center di Terminal 3 (SMILLE Center), Airport Health Center di Terminal 3 (area lounge umroh), Drive Thru tes di lapangan parkir Terminal 3, Drive Thru tes di lapangan parkir Terminal 2 dan Drive Thru tes di lapangan parkir Terminal 1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.