Sukses

Harga Minyak Naik usai Cadangan Minyak AS Turun

Harga minyak naik tipis pada hari Rabu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak naik tipis pada hari Rabu. Hal ini didukung oleh data pemerintah AS yang menunjukkan stok minyak mentah turun pekan lalu dan oleh optimisme tentang paket bantuan virus corona di Amerika Serikat.

Dikutip dari CNBC, Kamis (17/12/2020), harga minyak mentah berjangka Brent naik 28 sen menjadi USD 51,04 per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) ditutup 20 sen, atau 0,4 persen lebih tinggi pada USD 47,82 per barel.

Persediaan minyak mentah AS turun 3,1 juta barel dalam sepekan hingga 11 Desember, kata Administrasi Informasi Energi. Analis memperkirakan penurunan 1,9 juta barel, setelah stok melonjak dalam data pekan lalu.

“Kami tidak mampu untuk membangun setelah minggu lalu,” kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho. “Paket stimulus AS tampaknya sedang diproses, yang juga akan mendukung,” tambahnya.

Para pemimpin Kongres AS mengatakan kemajuan substansial telah dibuat dalam kebuntuan selama berbulan-bulan mengenai bantuan virus corona dan tagihan pendanaan untuk mencegah penutupan pemerintah.

Permintaan minyak AS turun sekitar 13 persen tahun ini karena pandemi virus corona, dan angka penjualan ritel pada Rabu menunjukkan penurunan pengeluaran untuk kedua bulan berturut-turut karena kebangkitan kembali kasus COVID-19.

Permintaan di seluruh dunia buruk, dengan rebound yang paling menonjol terjadi di China. Badan Energi Internasional (IEA) memperingatkan pada hari Selasa bahwa perlu beberapa waktu untuk membalikkan jatuhnya permintaan minyak global selama pandemi.

IEA merevisi turun perkiraannya untuk permintaan minyak tahun ini sebesar 50.000 barel per hari (bpd) dan untuk tahun depan sebesar 170.000 bpd, mengutip pengurangan penggunaan bahan bakar jet karena lebih sedikit orang yang bepergian melalui udara.

Di Eropa, Jerman melakukan penguncian ketat pada hari Rabu karena jumlah kematian yang terdaftar akibat COVID-19 melonjak dengan peningkatan harian tertinggi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Minyak Naik ke Level Tertinggi Sejak Pandemi Covid-19 Berlangsung

Harga minyak naik pada perdagangan Selasa karena optimisme dari peluncuran vaksin virus corona covid-19 mengimbangi penguncian (lockdown) yang lebih ketat di Eropa dan perkiraan pemulihan permintaan bahan bakar yang lebih lambat.

Amerika Serikat mulai memvaksinasi warganya pada hari Senin ketika jumlah kematian COVID-19 di negara itu melewati angka 300.000. Inggris dan Kanada juga mulai melakukan vaksinasi.

Dikutip dari CNBC, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS ditutup naik 63 sen atau 1,34 persen menjadi USD 47,62. Minyak mentah Brent naik 41 sen atau 0,8 persen menjadi USD 50,70 per barel.

Harga minyak telah pulih dalam beberapa minggu terakhir, di mana Brent mencapai level USD 51,06 pada 10 Desember, tertinggi sejak Maret, didukung oleh harapan pemulihan permintaan BBM. Harga telah turun ke posisi terendah dalam sejarah pada bulan Maret saat pandemi mulai terjadi.

"Brent terus menentang semua berita negatif," kata Carsten Fritsch, Serang Analis di Commerzbank.

"Semakin banyak negara di Eropa dan negara bagian di AS yang memperketat pembatasan Corona selama Natal dan tahun baru, yang kemungkinan akan membebani permintaan minyak," kata dia.

London meningkatkan pembatasan pandemi yang mengharuskan bar dan restoran ditutup, Italia sedang mempertimbangkan langkah-langkah yang lebih ketat selama Natal dan Jerman kemungkinan akan melakukan lockdown hingga awal 2021.

Badan Energi Internasional pada hari Selasa mengatakan bahwa dampak vaksin terhadap permintaan masih beberapa bulan lagi. OPEC pada hari Senin mengatakan permintaan minyak akan naik lebih lambat dari yang diharapkan.

“Ada kesepakatan yang berkembang antara badan-badan peramal bahwa perbaikan permintaan minyak global mungkin tidak dimulai pada awal tahun depan tetapi pada paruh kedua,” kata Tamas Varga dari Pialang Minyak PVM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.