Sukses

Tips Liburan Asyik Tanpa Kuras Kantong

Liputan6.com, Jakarta Bulan Desember tiba. Hari libur semakin dekat dan jangan sampai Anda belum merencanakan apa pun. Meskipun biasanya berlibur menghabiskan banyak uang, namun Anda harus mencoba melakukan sesuatu yang hemat tetapi tetap istimewa tanpa menghabiskan anggaran

Berikut beberapa hal yang perlu diingat saat Anda memulai perencanaan liburan, melansir dari laman my money coach, Sabtu (5/12/2020):

1. Rencanakan Liburan Sesuai Dengan Budget

Mulailah dengan mempertimbangkan anggaran. Seringkali merencanakan liburan terlebih dahulu, dan setelah itu baru mencoba mencari cara untuk membayarnya. Ubah banyak hal di tahun ini dan tetapkan anggaran liburan Anda terlebih dahulu. Setuju untuk membayar semuanya dengan uang tunai dan tetap berpegang pada apa yang Anda mampu.

2. Pilih Tema Liburan

Pilih tema untuk membantu memandu keputusan. Lokasi sering kali menentukan apa yang kita lakukan untuk liburan kita. Misalnya, jika Anda berkemah di tepi danau, dapat pergi kano, memancing, atau ski air. Pertimbangkan meluangkan waktu jauh dari danau dan memilih tema aktivitas dengan pilihan terjangkau. Anda mungkin ingin mengunjungi beberapa museum atau taman lokal di daerah tersebut.

Dengan sedikit perencanaan sebelumnya, mungkin akan menemukan sejumlah kegiatan berbiaya rendah atau bahkan tanpa biaya yang akan dinikmati seluruh keluarga. Tema memberi Anda fleksibilitas dalam memilih ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan tanpa mengeluarkan uang berlebihan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Staycation Sekitar Kota

Jika Anda tidak mampu melakukan perjalanan jauh dan menghabiskan waktu lama, jadilah turis tanpa tersesat. Ambil cuti beberapa hari sebelum atau sesudah perjalanan untuk menikmati taman, mengajak teman-teman untuk makan bersama, atau sekadar bersantai di pantai setempat.

Staycation di hotel sekitar kota adalah pilihan terbaik, datang dengan keuntungan tidak adanya akomodasi tambahan dan biaya transportasi yang mahal.

4. Ambil Giliran Merencanakan Aktivitas Liburan

Buat kalender liburan. Rencanakan hari atau acara secara bergiliran, berikan setiap anggota keluarga kesempatan untuk membantu memutuskan apa yang harus dilakukan. Mulailah dengan pemandu rekreasi komunitas atau daftar acara lokal. Lakukan hal-hal yang Anda tidak pernah punya waktu selama sisa tahun ini.

5. Tawaran Menit Terakhir

Bergantung pada anggaran, liburan menit terakhir mungkin bisa dilakukan. Berlangganan untuk mendapatkan penawaran online melalui email dan mulai pantau harga untuk membantu perencanaan Anda. Ada begitu banyak pilihan liburan di menit terakhir yang terjangkau.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS