Sukses

Inovatif dan Kreatif, Ini 6 UMKM Pemenang Ajang Kreatif Lokal Award 2020

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku UMKM yang telah menunjukkan kinerja mengagumkan dengan memberdayakan masyarakat sekitar melalui inovasi dan kreativitas, Adira Finance menyelenggarakan Kreatif Lokal Award 2020.

Sejak dimulai pada bulan Agustus 2020 lalu, tercatat ada 1.079 UMKM yang mengikuti Kreatif Lokal Award 2020, mereka berasal dari UMKM binaan Kemenparekraf RI, Adira Finance dan masyarakat umum. Setelah melalui tahap seleksi dan penjurian, sebanyak 18 UMKM dari 6 kategori berbeda masuk babak final. Dari hasil penjurian di babak final itu, akhirnya terpilih 6 UMKM yang menjadi pemenang Kreatif Lokal Award 2020.

Pengumuman Pemenang Kreatif Lokal Award 2020 diselenggarakan pada 13 November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30.

Kategori Kuliner

- Dewi Home Crab dari Tangerang - Banten

Dewi Home Crab merupakan usaha milik Dewi Fatimah yang mampu mengolah berbagai jajanan kekinian dari kepiting rajungan, sehingga membuat produknya banyak dicari masyarakat. Mulai dari nugget, pempek, hingga kerupuk rajungan yang unik dan memiliki cita rasa berbeda, menjadikan kuliner ini punya ciri khas tersendiri. Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi Instagram @dewihomecrab_25.

 

- Aceh Documentary dari Banda Aceh

Aceh Documentary adalah lembaga sosial entrepreneur yang memiliki pengalaman dalam dunia produksi media dan komunikasi. Sejak berdiri tahun 2013, usaha Aceh Documentary sudah memproduseri 63 Judul film dokumenter, 125 Sutradara muda, lebih 300 event screening, kajian dan apresiasi film. Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi www.acehdocumentary.com dan Instagram @acehdoc.

Kategori Fashion

- Ezmour Bogor dari Cibinong - Jawa Barat

Ezmour merupakan UKM fashion yang fokus memproduksi tas dan sepatu kulit. Produk Ezmour  menggunakan kulit sapi asli standar Internasional yang biasa dipakai oleh brand terkenal dan produknya dijual dengan harga di bawah Rp 1 juta sedangkan sepatu 300 ribuan.

Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi www.ezmour.com dan instagram @ezmour.official

2 dari 4 halaman

Kategori Fotografi 

- Kotak Narsis dari Makassar, Sulawesi Selatan

Kotak Narsis adalah layanan selfiebox photobooth dengan kamera resolusi tinggi yang hasilnya dapat langsung dicetak atau dibagikan ke media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook atau dikirim langsung ke email kamu. Tak sekadar photobooth, Kotak Narsis juga menawarkan sesuatu yang berbeda, sebuah pengalaman tak terlupakan yang dikemas dalam balutan teknologi canggih Industry 4.0. Dari photobooth, Kotak Narsis berkembang melayani jasa Kotak Narsis 180 Bullet Time Camera, Kotak Narsis Virtual Reality, atau Kotak Narsis 360 Live Stream.

Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi www.kotaknarsis.com dan instagram @kotaknarsis dan @kotaknarsis.berbagi

Kategori Kriya

- Dekardekor Shop dari Jakarta Selatan - DKI Jakarta

Dekardekor Shop merupakan usaha kreatif yang diinisiasi oleh Muhammad Ikhwan Tariqo, memproduksi hiasan dinding berupa poster kayu, menggunakan bahan kayu MDF yang dipadukan dengan design kreatif, sehingga tercipta produk yang bernilai seni tinggi namun ekonomis. Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi www.dekardekor.id/ dan instagram @dekardekorshop

 

3 dari 4 halaman

Kategori Pertunjukan

- Serumpun Lima dari Balikpapan - Kalimantan Timur

Usaha seni pertunjukan yang berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur ini sudah memiliki 53 orang karyawan dan kerap tampil dalam event-event di Indonesia. Tak hanya menjalankan seni pertunjukan semata, Serumpun Lima melaksanakan kegiatan sosial. Setidaknya 2-3 kali dalam setahun, mulai dari berbagi ke panti asuhan, panti jompo, sampai memberikan Al-Quran.

Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi instagram @serumpunlima

Para juara Kreatif Lokal Award 2020 berhak mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp 20 juta.

Sementara UMKM yang meraih juara 2 dari 6 kategori antara lain: Dapur Chantique, Kisah Bersama Studio, Semilir Ecoprint, Firework Photography, Bangsawan Tekstil, dan  Congwayndut masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp 12 juta. Dan untuk UMKM yang meraih juara 3 antara lain : Wayo Strawberry, Riplay Studio, Balabalabear, Mball Digital , Tenuneboon, Baskoro Manjer Kawuryan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 7 juta.

Juara Favorit:

- Aceh Documentary dari Banda Aceh

Penghargaan khusus juga didapatkan UKM Aceh Documentary, karena terpilih menjadi juara favorit berdasarkan vote dari penonton yang menyaksikan babak final penjurian Kreatif Lokal Award 2020 pada 18 dan 25 Oktober 2020 lalu. Mereka pun berhak mendapatkan tambahan hadiah uang tunai Rp 10 Juta,-.

Tidak hanya mendapatkan uang tunai, para pemenang juga mendapatkan business coaching dan mentoring dari Coach Daniel Tumiwa serta Bukalapak. Mereka juga memperoleh pendampingan usaha dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan lapak online eksklusif di Bukalapak. Selain itu, mereka juga mendapatkan exposure di media mengenai produk usaha mereka serta didaftarkan sebagai vendor rekomendasi resmi dalam Badan Usaha Emtek dan Adira Finance.

 

Sebagai informasi, Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Kreatif Lokal 2020, sebuah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerja sama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang digelar dari bulan Agustus 2020 hingga Januari 2021.

Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf mengatakan, sejak diluncurkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada Mei lalu, pemerintah terus berusaha agar gerakan tersebut tidak hanya sebatas retorika.

“Kemenparekraf mengajak peserta UKM binaan dan memberikan pendampingan bersama bagi peserta UKM pilihan. Serta kedepannya kami ingin peserta yang menang Kreatif Lokal Award kami bantu buka akses pasarnya. Kami juga berharap program ini dapat memacu pertumbuhan bisnis ekonomi kreatif yang akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Adira Finance di usia ke-30 tahun terus berkreasi dan berinovasi, seperti halnya membangun kolaborasi dengan Kemenparekraf menggelar Festival Kreatif Lokal 2020 Program ini bertujuan untuk memotivasi para pelaku UKM agar senantiasa meningkatkan daya saing positif, sehingga memberikan dampak nyata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli berharap, Kreatif Lokal Award 2020 dapat menginspirasi masyarakat sekaligus memberikan semangat, untuk bersama-sama bangkit dan bersinergi dalam memajukan perekonomian Indonesia. Masyarakat bisa melihat para peserta melakukan inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan usaha mereka, meski di tengah kondisi pandemik.

 

4 dari 4 halaman

Konser Kreatif Lokal 2021

Setelah Kreatif Lokal Award 2020 diberikan, rangkaian Festival Kreatif Lokal 2020 akan dilanjutkan dengan gelaran Konser Kreatif Lokal pada bulan Januari 2021 nanti yang disiarkan live streaming event di vidio.com  social media assets KLY.

Konser Kreatif Lokal juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik mulai dari Online Bazaar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori serta Konser amal artis ternama Indonesia untuk menarik donasi bagi sahabat yang terkena dampak pandemi.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2020 turut didukung MUFG, Adira Insurance, Adira Finance Syariah, Bank Danamon, Anteraja, Prasetiya Mulya-ELI dan Daniel Tumiwa selaku Business Growth Facilitator.

Informasi lebih lengkap kunjungi https://festivalkreatiflokal.liputan6.com

 

(*)