Sukses

Mendag Agus Angkat Ekonom UI Fithra Faisal Hastiadi Jadi Juru Bicara

Fithra Faisal Hastiadi pernah menjabat sebagai peneliti senior di Dewan Ekonomi Nasional di mana dia memberikan nasihat untuk Presiden Indonesia dari tahun 2012 hingga 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menunjuk ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi sebagai juru bicara.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Fithra saat dihubungi lewat pesan singkat. Penunjukkan Fithra sudah diteken dalam SK Mendag per 10 November 2020 silam.

"Ya, betul. Per 10 November ini, sesuai dengan SK Mendag. Mohon dukungannya," ujar Fithra Faisal Hastiadi kepada Liputan6.com, Jumat (13/11/2020).

Fithra menjelaskan, dirinya diangkat menjadi Juru Bicara Mendag untuk meningkatkan kapasitas komunikasi publik Kementerian Perdagangan.

"Kemendag menunjuk saya menjadi jubir untuk meningkatkan komunikasi publik, mengingat tugas Kemendag yang memang sangat luas," ujar Fithra.

Mengutip laman resmi Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi memperoleh gelar BA bidang Ekonomi dari Universitas Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepak Terjang

Selama menyandang gelar BA, dirinya bekerja sebagai asisten pengajar di Universitas Indonesia di Departemen Ekonomi sebelum melanjutkan studi ke Universitas Keio, Jepang, dimana dirinya mendapatkan gelar MA. Ia juga meraih gelar PhD dari Waseda University, Jepang.

Fithra tercatat telah menerbitkan sejumlah artikel untuk jurnal-jurnal ternama. Dirinya berkontribusi dalam studi ASEAN 2030 saat dia sebagai Research Associate di Asian Development Bank Institute (ADBI) di Tokyo pada 2011.

Fithra pernah menjabat sebagai peneliti senior di Dewan Ekonomi Nasional di mana dia memberikan nasihat untuk Presiden Indonesia dari tahun 2012 hingga 2013.

Kariernya dilanjutkan dengan menjabat sebagai Research and Community Engagement Manager sejak Januari 2014 hingga Januari 2017 dan sebagai Kepala Unit Diseminasi Riset/Penasihat Khusus Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sejak Januari 2017 hingga April 2018. Saat ini, Fithra bekerja sebagai peneliti dan pengajar penuh waktu di universitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.