Sukses

PMN Rp 2 Triliun untuk Bio Farma Bakal Cair di 2020

Kementerian Keuangan tengah mengkaji usulan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menambah alokasi dana Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada Bio Farma.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara tengah mengkaji usulan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menambah alokasi dana Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT Bio Farma (Persero).

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata menceritakan, pada saat hari-hari terakhir rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR, muncul usulan untuk tambah PMN bagi induk holding BUMN farmasi tersebut.

Keputusan yang diambil pada saat itu yakni Bio Farma dianggap masih punya dana cadangan, dan Erick Thohir diminta untuk melakukan proses yang lebih propper untuk pastikan hal tersebut.

"Dan sudah kita tindaklanjuti dengan mengkaji, sejauh ini menunjukan urgensi untuk tambah modal ke Bio Farma Grup," kata Isa dalam sesi teleconference, Jumat (6/11/2020).

Dalam kajian sejauh ini, ia menjelaskan, penambahan PMN kepada Bio Farma dirasa penting untuk penanganan penyediaan obat-obatan maupun vaksin Covid-19, maupun untuk pengembangan penyediaan sarana kesehatan di rumah sakit.

"Itu yang kita kaji, kita sudah pertimbangkan, sejauh ini positif, bahkan kita berpikir untuk mempercepatnya. Kemungkinan bisa tambahkan ke APBN 2020 karena relevan dengan penanganan Covid-19. Memang tinggal dua bulan lagi (sisa waktu di 2020), tapi rasanya cukup bisa me-manage," ujarnya.

"Untuk penanganan Covid-19 pemerintah memang telah banyak belanja. Tidak hanya di PMN, belum lagi nanti untuk pembelian vaksin. Triliunan rupiah itu. Tentunya itu menunjukan bahwa kita care dengan masalah kesehatan," tegas Isa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bio Farma Mulai Produksi Massal Vaksin Sinovac di Januari 2021

Uji klinis vaksin sinovac yang dilakukan Bio Farma akan selesai pada Januari 2021 mendatang. Kemungkinan vaksin ini akan diproduksi Bio Farma secara massal pada akhir Januari 2021 atau awal bulan Februari 2021.

"Kemungkinan kita bisa produksi di akhir Januari 2021 atau awal Februari 2021," kata Project Integration Manager R&D Bio Farma, Neni Nurainy dalam diskusi Ngopi BUMN: Kontribusi BUMN Farmasi Mengatasi Pandemi Covid-19, Jakarta, Kamis (15/10).

Proses ini pun kata Neni bisa dipercepat. Sebab, saat ini sudah ada 1.564 subjek yang disuntikkan vaksin sinovac. Lalu ada sekitar 843 subjek dari 1.620 subjek yang mendapatkan suntikan vaksin kedua.

"Nanti kita lihat dinamikanya," kata dia.

Saat vaksin diproduksi, Bio Farma akan mengajukan Emergency Use Authorization (EUA) yang didapat dari Badan POM. Proses ini akan memakan waktu selama 20 hari dari saat pengajuan.

"Nanti kita ajukan EUA ke Badan POM dan waktunya paling lambat 20 hari dari jadwal pengajuan dari Bio Farma ke Badan POM," kata dia.

Sementara itu, terkait vaksin yang siap disuntikan pada November dan Desember 2020 berasal dari China. Vaksin jadi tersebut diimpor dari tiga perusahaan yakni Cansion, G42 Sinopharm, dan Sinovac.

"Untuk November dan Desember itu pemerintah merencanakan mengimpor vaksin jadi," kata dia 

3 dari 3 halaman

Lembaga Kesehatan Bill Gates Percayakan Bio Farma Bikin Vaksin Covid-19

Induk perusahaan Holding BUMN Farmasi, Bio Farma terpilih menjadi salah satu Potential Drug Manufacturer CEPI for Covid-19. 

CEPI merupakan lembaga kesehatan yang didirikan Miliarder Bill Gates. Koalisi pemerintah-swasta dan filantropis, yang berpusat di Norwegia, memiliki tujuan untuk mengatasi epidemi, dengan cara mempercepat pengembangan vaksinnya.

Adapun, terpilihnya Bio Farma merupakan kelanjutan dari hasil due diligence tanggal 15 September, yang memberikan penilaian pada aspek sistem produksi vaksin dan mutu, sistem analitik laboratorium, dan sistem teknologi informasi yang digunakan Bio Farma dalam memproduksi vaksin.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, fasilitas Bio Farma yang akan digunakan oleh CEPI adalah untuk memproduksi vaksin Covid-19 dengan multi platform sebanyak 100 juta dosis pertahunnya, yang akan dimulai pada akhir kuartal IV 2021 atau kuartal I 2022 mendatang.

"Saat ini dunia sedang berusaha untuk menemukan vaksin Covid-19 dengan segala jenis platform. Pengembang-pengembang vaksin Covid-19 dari seluruh dunia, ada yang belum memiliki fasilitas produksi massal secara mandiri, sehingga CEPI akan mempertemukannya dengan produsen vaksin yang telah memenuhi persyaratan tertentu, dan Bio Farma adalah salah satunya," ujar Honesti dalam keterangannya, Kamis (15/10/2020).

Honesti menambahkan, bahwa penggunaan kapasitas produksi untuk CEPI, tidak akan memengaruhi kegiatan produksi rutin yang ada di Bio Farma.

"Tentu saja kami sudah memperhitungkan aktivitas produksi kami yang rutin, setelah dilakukan perhitungan, penggunaan kapasitas produksi untuk CEPI, tidak akan mengganggu kegiatan produksi rutin di Bio Farma," ungkap Honesti.

Pada masa yang akan datang, kolaborasi dengan CEPI tidak sebatas vaksin Covid-19 saja, melainkan pengembangan vaksin pandemi lainnya melalui berbagai teknologi terkini.

Diharapkan Bio Farma bisa mendapatkan akses terhadap berbagai teknologi pembuatan vaksin, sehingga akanmemperkuat kemandirian vaksin secara nasional.

Honesti juga mengatakan, kepercayaan yang diberikan oleh CEPI tidak lepas dari pengalaman yang panjang Bio Farma di dunia internasional sejak tahun 1997.

Bio Farma tercatat sebagai salah satu dari 29 produsen vaksin di dunia yang telah mendapatkan prakualifikasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai syarat telah memenuhi Good Manufacturing Practices (GMP), sehingga vaksin hasil dari Bio Farma, sudah digunakan di 150 negara.

Bahkan, salah satu organisasi Internasional pernah mempercayai Bio Farma sebagai Presiden, yaitu Developing Countries Vaccine Manufacturer Network (DCVMN) / Gabungan Produsen Vaksin dari Negara Berkembang, selama dua periode 2012-2014 dan 2014-2016.

Bio Farma juga dipercaya dalam pengembangan teknologi transfer teknologi vaksin untuk kemandirian di negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), bahkan Bio Farma dijadikan laboratorium rujukan setelah Indonesia ditunjuk sebagai Center of Excellent vaksin dan bioteknologidi negara-negara OKI.

"Pada tahun 2019 yang lalu, tercatat lebih dari 16 negara anggota OKI yang berlajar langsung kepada kami, mengenai pendistribusian vaksin, saat Bio Farma menjadi tuan rumah pada acara Workshop Cold Chain Management System (rantai dingin) untuk negara-negara yang tergabung dalam OKI," tutup Honesti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.