Sukses

Penyelamat Jiwasraya, Simak Bisnis Asuransi IFG Life

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan asuransi jiwa baru, Indonesia Financial Group atau IFG Life siap meramaikan persaingan di industri asuransi dalam negeri dalam waktu dekat. IFG Life juga bakal menjadi penyelamat asuransi Jiwasraya.

Perusahaan pun memperkenalkan tiga lini bisnis yang akan dijadikan daya tarik untuk menarik minat masyarakat terhadap industri asuransi yang kian turun.

"Jadi ada tiga lini bisnis di dalam IFG. Yaitu IFG Life, Dana Pensiun BUMN dan Portofolio eksisting milik Jiwasraya," ujar Direktur Bisnis IFG Pantro Pander Silitonga dalam konferensi virtual, Selasa (20/10/2020).

Pertama, IFG Life yang akan berfokus pada asuransi jiwa maupun kesehatan. Adapun sasaran pasar utamanya yakni ekosistem BUMN secara menyeluruh.

"Bisnis baru IFG Life yang sudah disampaikan, akan fokus pada proteksi di perlindungan jiwa maupun kesehatan dengan ekosistem BUMN. Baik perusahan, karyawan hingga pelanggan BUMN," terangnya.

Kedua, Dana Pensiun BUMN, dimana IFG Life akan melakukan konsolidasi dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) milik BUMN di Indonesia. Adapun sasaran marketnya yakni ekosistem BUMN dan secara bertahap akan menggaet kalangan masyarakat luas.

Terakhir, Portofolio eksisting Jiwasraya yang telah di restrukturisasi. Tujuannya untuk memastikan kondisi portofolio yang akan ditawarkan dalam keadaan sehat. Alhasil akan meningkatkan kepercayaan claon nasabah.

"Jadi kami hanya mengambil portofolio yang sudah melalui restrukturisasi. Sehingga menjadi portofolio yang sehat. Dan pemegang polis merasa aman bahwa sesudah menjadi bagian dari IFG Life semua hak dan kewajiban akan terpenuhi," terangnya.

Oleh karena itu dia, meminta masyarakat agar tidak terlalu khawatir akan keamanan dari produk asuransi yang ditawarkan perusahan. Mengingat telah sesuai dengan SOP yang ada.

"Jadi, tidak ada lagi produk yang saat ini ada di Jiwasraya itu tidak lagi di IFG Life. Karena produk yang ditawarkan dalam kondisi sehat sesuai aturan prosedur," tutupnya.

Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Dimodali Rp 20 Triliun, IFG Life Bakal Selamatkan Jiwasraya

Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) Robertus Bilitea mengatakan, akan membentuk sebuah perusahaan asuransi jiwa dalam rangka penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya.

Perusahaan baru tersebut nantinya akan diberi nama Indonesia financial Grup (IFG) Life.

"Kami dalam waktu dekat akan mendirikan satu perusahaan asuransi jiwa yang kita namakan saja IFG life. Dulu sempat kami pakai nusantara life tetapi karena nama ini yang sudah dipakai dan perusahaan nya juga gagal kami memakai nama IFG life," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan DPR, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Robertus mengatakan, pihaknya sudah mengajukan penerimaan Penyertaan Modal Negera (PMN) sebesar Rp20 triliun untuk IFG life. Modal ini juga akan dipakai untuk mendorong kinerja sektor asuransi milik pemerintah.

"IFG life ini nanti akan mendapat PMN sebesar Rp20 triliun melalui PT Bahana. IFG life ini didasarkan pada kebutuhan yang ada saat ini di industri asuransi. Pasar asuransi, sebenarnya yang net incomenya itu dari asuransi jiwa sementara asuransi umum dan kerugian itu setengah dari asuransi jiwa," paparnya.

Adapun misi khusus pembentukan perusahaan baru tersebut adalah untuk menyelamatkan pemegang polis Jiwasraya. "Asuransi jiwa ini nantinya akan mencoba atau menyelamatkan pemegang-pemegang polis yang direstrukturisasi di asuransi Jiwasraya," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: