Sukses

Masuk Babak Final, Ini Para Finalis Kreatif Lokal Award 2020

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020, yaitu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerja sama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat.

Liputan6.com, Jakarta Kreatif Lokal Award 2020 telah memasuki babak final. Nantinya, 18 peserta akan bersaing menjadi 6 pahlawan UKM dan berhak meraih penghargaan Kreatif Lokal Award 2020. Mereka adalah Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint di kategori Fashion. Lalu, Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio untuk kategori Pertunjukan. Di kategori Fotografi ada, Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/Fireworks Photography.

Selain itu di kategori Kuliner yaitu Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry. Untuk kategori Video ada Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio. Terakhir di kategori Kriya adalah Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon.

Babak final ini bakal dibagi menjadi dua sesi penjurian. Pertama, pada 18 Oktober 2020 yang menjadi sesi penjurian bagi kategori Fashion, Pertunjukkan, dan Fotografi. Sedangkan pada 25 Oktober 2020 mendatang giliran penjurian untuk sesi kategori Kriya, Kuliner dan Video.

Para finalis akan dinilai Dewan Juri terkemuka, mulai dari Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli; Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; Deputi Bidang Pemasaran Kemenparkraf, Nia Niscaya; Chief of HC Management & Founder of Udemy Indonesia, Daniel Tumiwa; CEO KapanLagi Youniverse, Bapak Steve Christian; serta CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin.

Selain itu, ada juga ikon kreatif yang akan memberikan pandangan serta saran saat para finalis memberikan presentasi. Mereka adalah Nonita Respati (Fashion), Indra Yudhistira (Pertunjukkan), Darwis Triadi (Fotografi), Siscca Soewitomo (Kuliner), Fajar Nugros (Video), dan Joko Avianto (Kriya).

Sesi pertama babak final Kreatif Lokal Award di 18 Oktober 2020 akan terasa lebih istimewa karena dimeriahkan Tiara Andini. Kemudian untuk di 25 Oktober 2020, gantian Maliq & d’Essentials yang dijamin selalu sukses memukau siapa saja dengan lagu-lagu hits mereka.

Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk menunjukkan dukungan langsung kepada finalis Kreatif Lokal Award 2020, adalah dengan memberikan vote untuk pelaku UKM terfavorit pilihanmu saat menyaksikan babak final di vidio.com.  Kamu juga dapat kesempatan memenangkan voucher belanja spesial dari Bukalapak untuk 100 lucky voters. Selain itu, bisa juga langsung belanja produk UKM terbaik dari peserta Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020 di Bukalapak.

Sebelum sampai ke babak final, pada mulanya ada 1079 pelaku UKM yang mendaftarkan diri mengikuti ajang Kreatif Lokal Award. Setelah masuk, mereka akan melalui tahap penyaringan sehingga menjadi 120 besar. Kemudian lanjut ke tahap seleksi sampai menyisakan 30 besar peserta.

Setelah mendapatkan 30 peserta, mereka akan masuk ke fase semi final yang bakal mendapatkan 18 peserta. Di sini, mereka akan presentasi selama 10 menit mengenai serba-serbi usaha yang dijalankan. Penilaian di setiap fase seleksi pun berbeda-beda, mulai dari bisnis yang dijalankan sampai pengaruh bisnis untuk lingkungan sekitar.

Sebagai bocoran, penilaian para peserta mengedepankan inovasi, kreativitas, serta dampak sebuah UKM untuk lingkungan sekitarnya.

Perlu diketahui, Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020, yaitu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerja sama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Lalu, kira-kira siapa pemenangnya ya? Saksikan saja di vidio.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.